Zabir_math Blogger

Hallo Guys Selamat Datang Di Blog Saya

Senin, 27 Desember 2021

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                              : SMA

Mata Pelajaran                   : Matematika Wajib

Kelas/Semester                  : XII/ Ganjil

Materi Pokok                     : Matriks

Alokasi Waktu                   : …….. Menit

 

A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah Menjelaskan pengertian matriks

o   Menjelaskan konsepoperasi matriks

o   Mengidentifikasi fakta pada matriks, dan kesamaan matriks dengan masalah kontekstual

o   Menggunakan prosedur untuk melakukan operasi pada matriks.

o   Menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya

o   Menjelaskan determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3

o   Mengidentifikasi fakta pada sifat-sifat determinan  dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3

o   Menganalisis sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3

o   Menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks determinan  dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3

o   Menjelaskan pemakaian matriks pada transformasi geometri

o   Mengidentifikasi fakta pada sifat-sifat transformasi geometri dengan menggunakan matriks

o   Menganalisis dan membandingkan transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan matriks

o   Menyajikan masalah yang berkaitan dengan matriks

o   Menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah yang  berkaitan dengan penggunaan matriks pada transformasi geometri

B Media Pembelajaran&SumberBelajar

Media                  : Laptop, LCD, power point, gambar dan video yang relevan, fasilitas internet

Sumber Belajar  : BukuPrakarya Kelas VII, Kemendikbud, edisi 2016.

 

C.   Langkah-Langkah Pembelajaran

KegiatanPendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik

sebagai sikap disiplin

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman pesertadidik dengan

materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan&manfaat) dengan mempelajar materi :

Matriks

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

KegiatanInti ( 50Menit )

Kegiatan

Literasi

Peserta didik diberimotivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya

kembali.diberita yang ada bahan bacaan terkait materi Matriks.

Critical

Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,

dimulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Matriks.

Collaboration

Pesertadidik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,

mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Matriks.

 

Communication

Pesertadidik  mempresentasikan  hasil  kerja  kelompok  atau  individu  secara  klasikal,  mengemukakan

pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembal oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

 

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Matriks..Peserta  didik  kemudian  diberi  kesempatan  untuk  menanyakan  kembalihal-hal  yang  belum dipahami

KegiatanPenutup (15 Menit)

Pesertadidik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran

yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang

baru dilakukan.

 

D.   Penilaian Hasil Pembelajaran

1.    Penilaian Pengetahuan; Teknik penilaian: Tes Uraian

2.    Penilaian Keterampilan; Penilaian Praktek dan Penilaian Produk

 

 

Mengetahui                                                                          …………………,

Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

……………………….                                                  ……………………….

NIP.                                                                                        NIP.

 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCAN A P E LA K SANAA N PE M BELA J ARAN ( R P P )   Se ko lah                               : SMA M a ta Pelaja r an            ...