Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Materi Pokok : Program Linear
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
KD 3 |
KD 4 |
||
3.1 |
Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya
dengan menggunakan masalah kontekstual. |
4.1 |
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program
linear dua variabel. |
IPK |
IPK |
||
3.1.1
3.1.2
3.1.3
3.1.4 |
Menjelaskan sistem pertidaksamaan linear dua variabel Menyusun
model matematika dari masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear Menentukan
daerah himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear dua variable Menentukan
sistem pertidaksamaan linear dua variable dari daerah himpunan penyelesaian |
4.1.1
4.1.2 |
Merancang
model matematika dari masalah kontekstual yang berkaitan dengan program
linear
Menyelesaikan masalah konstektual yang berkaitan dengan
pertidaksamaan linear dua variabel |
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah
melalui pembelajaran menggunakan model E-Learning
dan pendekatan Scientific
peserta didik
dengan teliti, tanggung jawab dan kerjasama dapat:
1) Menyusun
model matematika dari masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear
2)
Merancang
model matematika dari masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear
3)
Menentukan sistem pertidaksamaan linear dua variable dari daerah himpunan
penyelesaian
4)
Menentukan
daerah himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear dua variable
5)
Menyelesaikan
masalah konstektual yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear dua variabel
6) Menjelaskan
sistem pertidaksamaan linear dua variable
D. Materi Pembelajaran
➢
Faktual :
Masalah Autentik Program Linear
➢
Konsep :
- Merancang Model Matematika
- Menentukan Persamaan Garis
- Menentukan Daerah Penyelesaian Pertidaksamaan
➢
Prosedural :
- Menyelesaikan masalah kontekstual berkaitan dengan pertidaksamaan linear dua variabel
E.
Pendekatan,
Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan
: Saintifik
Metode : Penugasan (Home Learning) Model : E-Learning
F. Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
Media : YouTube, WhatsApp,
Google Classroom, Google Form ,Elearning dan Quizizz Alat : Laptop dan Android
Bahan Pembelajaran
: BSE, E-Modul, Vidio YouTube Pembelajaran,LKS Intan Pariwara
G. Sumber Belajar
• Manullang Sudianto, dkk. 2017. Matematika SMA/MA/SMK/MAK
kelas XI edisi revisi. Jakarta. Kemendikbud
• YouTube : https://www.youtube.com/watch?v=vxymM6xcvi8 https://www.youtube.com/watch?v=41fLmj0RTc4
https://www.youtube.com/watch?v=TA42Ucj9eUc https://www.youtube.com/watch?v=Jpf1gEmDBPA
H. Langkah-Langkah Pembelajaran (Kegiatan Siswa)
- Peserta didik dikoordinasi
melalui group whatsapp oleh
masing-masing wali kelasnya
- Peserta didik diundang
melalui Google Classroom sesuai kelasnya masing-masing
- Guru
melakukan absensi kehadiran melalui Google Classroom yang terintegrasi dengan
Google Form
- Guru melakukan apsepsi dengan memberikan kuis dengan menggunakan platform Quizizz
- Guru
mengapload materi, tugas, dan soal baik
berupa file ms.word, pdf, jpg, link video youtube melalui Google Classroom
sesuai kelasnya masing-masing
- Guru
menyediakan ruang diskusi di Google Classroom untuk memfasilitasi peserta didik
bertanya jawab
- Peserta
didik dapat mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan membuat
kesimpulan setiap pembelajaran yang diberikan oleh guru secara daring online melalui Google Classroom
- Guru
mengevalusi dan melakukan rekap proses pembelajaran yang telah dilakukan
melalui Google Classroom.
I.
Penilaian
- Keaktifan peserta didik dalam diskusi online
- Kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti
proses pembelajaran di Google Classroom dan
kedisiplinan dalam mengumpulkan tugas
- Tugas tes
tulis berupa latihan soal menggunakan Paltform Quizizz
yang terintegrasi dengan
Google Classroom
Tarakan, 20
Agustus 2021
Mengetahui;
Kepala MAN Tarakan Guru
Mata Pelajaran
Said
Mihdar Said Hady,ST,M.Si Sri Wahyuniati,S.Pd,M.Pd
NIP. 19690121 200501 1 008 NIP. 19721109 199903 2 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar