Zabir_math Blogger

Hallo Guys Selamat Datang Di Blog Saya

Senin, 27 Desember 2021

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

Sekolah                       : MAN Tarakan 
Mata Pelajaran            : Matematika (Wajib) 
Kelas/Semester            : X1/Ganjil
Materi Pokok              : Program Linear
Alokasi waktu             : 2 JP x 6 Pertemuan(12 JP )


 

A.  Kompetensi Inti

1.          Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2.         Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.       Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

 

KD 3

KD 4

3.1

Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual.

4.1

Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel.

IPK

IPK

3.1.1

 

3.1.2

 

 

3.1.3

 

 

3.1.4

Menjelaskan   sistem                                     pertidaksamaan linear dua variabel

Menyusun model matematika dari masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear

Menentukan daerah himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear dua variable

Menentukan sistem pertidaksamaan linear dua variable dari daerah himpunan penyelesaian

4.1.1

 

 

 

 

4.1.2

Merancang model matematika dari masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear

 

 

Menyelesaikan masalah konstektual yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear dua variabel

 

C.  Tujuan Pembelajaran

Setelah melalui pembelajaran menggunakan model E-Learning dan pendekatan Scientific

peserta didik dengan teliti, tanggung jawab dan kerjasama dapat:

1)  Menyusun model matematika dari masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear

2)  Merancang model matematika dari masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear

3)  Menentukan    sistem    pertidaksamaan    linear    dua    variable    dari    daerah    himpunan penyelesaian

4)  Menentukan daerah himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear dua  variable

5)  Menyelesaikan masalah konstektual yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear dua variabel

6)  Menjelaskan sistem pertidaksamaan linear dua variable


D.  Materi Pembelajaran

        Faktual :

Masalah Autentik Program Linear

        Konsep :

  • Merancang Model Matematika 
  • Menentukan Persamaan Garis
  • Menentukan Daerah Penyelesaian Pertidaksamaan

        Prosedural :

  • Menyelesaikan masalah kontekstual berkaitan dengan pertidaksamaan linear dua variabel

 

E.   Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran

Pendekatan : Saintifik

Metode       : Penugasan (Home Learning) Model         : E-Learning

 

F.   Media/Alat dan Bahan Pembelajaran

Media                         : YouTube, WhatsApp, Google Classroom, Google Form ,Elearning dan Quizizz Alat              : Laptop dan Android

Bahan Pembelajaran : BSE, E-Modul, Vidio YouTube Pembelajaran,LKS Intan Pariwara

 

G.  Sumber Belajar

      Manullang Sudianto, dkk. 2017. Matematika SMA/MA/SMK/MAK kelas XI edisi revisi. Jakarta. Kemendikbud

      YouTube : https://www.youtube.com/watch?v=vxymM6xcvi8 https://www.youtube.com/watch?v=41fLmj0RTc4 https://www.youtube.com/watch?v=TA42Ucj9eUc https://www.youtube.com/watch?v=Jpf1gEmDBPA

 
H.  Langkah-Langkah Pembelajaran (Kegiatan Siswa)

  1. Peserta didik dikoordinasi melalui group whatsapp oleh masing-masing wali kelasnya
  2. Peserta didik diundang melalui Google Classroom sesuai kelasnya masing-masing
  3. Guru melakukan absensi kehadiran melalui Google Classroom yang terintegrasi dengan Google Form
  4.  Guru melakukan apsepsi dengan memberikan kuis dengan menggunakan platform Quizizz
  5. Guru mengapload materi, tugas, dan soal baik berupa file ms.word, pdf, jpg, link video youtube melalui Google Classroom sesuai kelasnya masing-masing
  6. Guru menyediakan ruang diskusi di Google Classroom untuk memfasilitasi peserta didik bertanya jawab
  7. Peserta didik dapat mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan membuat kesimpulan setiap pembelajaran yang diberikan oleh guru secara daring online melalui Google Classroom
  8. Guru mengevalusi dan melakukan rekap proses pembelajaran yang telah dilakukan melalui Google Classroom.

 

I.     Penilaian

  1. Keaktifan peserta didik dalam diskusi online
  2.   Kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran di Google Classroom dan kedisiplinan dalam mengumpulkan tugas
  3. Tugas tes tulis berupa latihan soal menggunakan Paltform Quizizz yang terintegrasi dengan Google Classroom

 

Tarakan, 20 Agustus 2021

Mengetahui;

Kepala MAN Tarakan                                                                          Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Said Mihdar Said Hady,ST,M.Si                                                           Sri Wahyuniati,S.Pd,M.Pd

NIP. 19690121 200501 1 008                                                              NIP. 19721109 199903 2 003 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCAN A P E LA K SANAA N PE M BELA J ARAN ( R P P )   Se ko lah                               : SMA M a ta Pelaja r an            ...