RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semeseter : VII / Ganjil
Materi Pokok : Bilangan Bulat
Alokasi
Waktu : …. Jam Pelajaran @ 40
menit
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah
pembelajaran, peserta didik dapat :
·
Mengetahui berbagai macam
jenis bilangan
·
Mengetahui sifat-sifat
operasi pada bilangan bulat dan pecahan
·
Dapat menggunakan pola dan
generalisasi dalam menyelesaikan masalah
·
Menentukan factor prima dari
bilangan bulat
·
Menentukan KPK dan FBB
dengan menggunakan persekutuan factor prima
2. Langkah-Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa Kehadiran Peserta
didik sebagai sikap disiplin
·
Mengaitkan Materi Pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi sebelumnya
serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi
selanjutnya/materi yang akan dibahas
·
Menyampaikan Tujuan dan
Manfaat dalam Mempelajari Materi Bilangan Bulat
B.
Kegiatan
Inti
·
Peserta didik diminta untuk
membaca dan mengamati bahan ajar, berupa materi pdf/gambar untuk dapat
dikembangkan peserta didik yang berhubungan dengan materi Bilangan Bulat
·
Guru Memberikan Kesempatan
Kepada Peserta didik untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di
mulai dari pertanyaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Bilangan Bulat
·
Peserta didik dibentuk dalam
Beberapa Kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan
ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Bilangan Bulat
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi Kembali
oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
C.
Kegiatan
Penutup
·
Guru dan Peserta didik
membuat kesimpulan mengenai point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran
·
Guru membuat kesimpulan
pelajaran tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
3. Penilaian
·
Penilaian kompetensi sikap
·
Penilaian kompetensi
pengetahuan
·
Penilaian kompetensi
keterampilan
Mengetahui Kepala Sekolah
……………………… |
…., …… 20…
Guru Mata Pelajaran
……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semeseter : VII / Ganjil
Materi Pokok : Himpunan
Alokasi
Waktu : 3 Jam Pelajaran @ 40
menit
4. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran, peserta didik dapat :
· menjelaskan contoh dan bukan contoh himpunan
· menjelaskan pengertian himpunan serta lambang himpunan
· menentukan anggota dan bukan anggota himpunan
· Peserta didik dapat mengenal himpunan kosong dan nol serta notasinya.
· Peserta didik dapat mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya.
· Peserta didik dapat mengidentifikasi sifat-sifat operasi himpunan
5. Langkah-Langkah Pembelajaran
D.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa Kehadiran Peserta
didik sebagai sikap disiplin
·
Mengaitkan Materi
Pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi
sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan
materi selanjutnya/materi yang akan dibahas
·
Menyampaikan Tujuan dan
Manfaat dalam Mempelajari Materi Himpunan
E.
Kegiatan
Inti
·
Peserta didik diminta untuk
membaca dan mengamati bahan ajar, berupa materi pdf/gambar untuk dapat
dikembangkan peserta didik yang berhubungan dengan materi Himpunan
·
Guru Memberikan Kesempatan
Kepada Peserta didik untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di
mulai dari pertanyaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Himpunan
·
Peserta didik dibentuk dalam
Beberapa Kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan
ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Himpunan
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
Kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
F.
Kegiatan
Penutup
·
Guru dan Peserta didik
membuat kesimpulan mengenai point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran
·
Guru membuat kesimpulan
pelajaran tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
6. Penilaian
·
Penilaian kompetensi sikap
·
Penilaian kompetensi
pengetahuan
·
Penilaian kompetensi
keterampilan
Mengetahui Kepala Sekolah
……………………… |
…., …… 20…
Guru Mata Pelajaran
……………………… |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar