SILABUS
MATA PELAJARAN
MATEMATIKA WAJIB
Alokasi waktu: 4 jam
pelajaran/minggu
SEMESTER GANJIL DAN
GENAP
SMA NEGERI ……………….
KELAS X (SEPULUH)
Kompetnsi
Inti :
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
3.1. Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari
bentuk linear satu variable dengan persamaan dan pertidaksamaan linear
Aljabar lainnya. |
Persamaan dan Pertidaksamaan
Linear
Satu Variabel yang Memuat Nilai Mutlak -
Pengertian
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable -
Penerapan
persamaan dan pertidaksamaan linear
satu variabel |
·
Mengidentifikasi
kuantitas-kuantitas dan hubungan di antaranya dalam masalah kontekstual dan merumuskan
persamaan dan/atau pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak
yang sesuai. ·
Menggunakan
ide-ide matematika untuk menyelesaikan persamaan dan/atau pertidaksamaan
linear satu variabel yang memuat nilai mutlak. ·
Menafsirkan
dan mengevaluasi penyelesaian berdasarkan konteks mula-mula. ·
Mengomunikasikan
proses dan hasil pemecahan masalah ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak ·
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satuvariabel yang memuat nilai mutlak |
4.1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variable |
||
3.2. Menjelaskan dan menentukan penyelesaian
pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel |
Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional |
·
Mencermati pengertian, metode
penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional dan mutlak, dan
penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional ·
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional |
4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel |
||
3.3. Menyusun system persamaan linear tiga
variable dari masalah kontekstual |
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel -
Pengertian
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel -
Penerapan
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel |
·
Mengidentifikasi
kuantitas-kuantitas dan hubungan di antaranya dalam masalah kontekstual dan merumuskan
sistem persamaan linear tiga variabel yang
sesuai. ·
Menggunakan
ide-ide matematika untuk menyelesaikan sistem persamaan linear tiga variabel. ·
Menafsirkan
dan mengevaluasi penyelesaian berdasarkan konteks mula-mula. ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel ·
Mengomunikasikan
proses dan hasil pemecahan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel |
4.3. Menyelesaikanmasalahkontekstual yang berkaitan
dengan system persamaan linear tiga variable |
||
3.4. Menjelaskan dan menentukan penyelesaian
system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat) |
Sistem
pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat
dan kuadrat-kuadrat) |
·
Mencermatipengertian, metode penyelesaian, kurva
persamaan dalam sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel, dan penerapannya
pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar. ·
Merumuskan secara aljabar maupun manipulasi
matematika lainnya tentang sifat-sifat yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan kuadrat dengan dua variabel ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat) ·
Menyajikan pelesaian masalah yang berkaitan
dengan system pertidaksamaan
dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat) |
4.4. Menyajikan dan menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat |
||
3.5. Menjelaskan dan menentukanfungsi
(terutamafungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal
yang meliputi notasi, daera hasal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta
sketsa grafiknya |
Fungsi -
RelasidanFungsi -
Operasi
Aritmetika -
Komposisi
Fungsi -
Fungsi
Linear -
Fungsi
Kuadrat -
Fungsi
Rasional -
Fungsi
Invers |
·
Mengidentifikasi
hubungan antara daerah asal, daerah hasil suatu fungsi dan ekspresi simbolik
yang mendefinisikannya serta mendiskusikan hubungan yang teridentifikasi dengan
menggunakan berbagai representasi bersama temannya. ·
Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk
menyelesaikan masalah kontektual yang dinyatakan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional ·
Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk
melakukan operasi aritmetika pada fungsi (penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian) dan operasi komposisi
pada fungsi ·
Mengamati
dan mengidentifikasi fakta pada fungsi invers yang akan digunakan untuk menentukan
eksistensinya ·
Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi invers suatu fungsi ·
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi |
4.5. Menganalisa karakteristik masing –
masing grafik (titik potong dengan sumbu, titik puncak, asimtot) dan perubahan
grafik fungsinya akibat transformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb |
||
3.6. Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi
dan operasi invers pada fungsi invers serta sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya |
||
4.6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
operasi komposisi dan operasi invers suatu fungsi |
||
3.7. Menjelaskan rasio trigonometri (sinus,
cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku |
Trigonometri -
Pengukuran
Sudut -
Perbandingan
Trigonometri pada SegitigaSiku-Siku -
Sudut-sudut
Berelasi -
Identitas
Trigonometri -
Aturan
Sinus dan Cosinus -
Fungsi
Trigonometri |
·
Mangamati
dan mengidentifikasi fakta pada radian dan derajat sebagai satuan pengukuran sudut,
serta hubungannya ·
Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengukuran sudut dalam satuan
radian atau derajat ·
Mangamati
dan mengidentifikasi fakta pada rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen,
cosecan, secan, dan cotangen) padasegitigasiku-siku. · Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat
kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
denganrasio trigonometri pada segitiga siku-siku · Mencermati dan
mengidentifikasi fakta pada rasio trigonometri untuk sudut-sudut
di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi kemudian membuat generalisasinya · Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat
kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi · Mengamati dan mengidentifikasi
hubungan
antara rasio trigonometri yang membentuk identitas dasar trigonometri. · Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat
kesimpulan, serta menggunakan prosedur pembuktian identitas trigonometri · Mengamati dan mengidentifikasi
fakta pada aturan sinus dan cosinus serta masalah yang terkait · Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat
kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikanmasalah yang berkaitan dengan aturan sinus dan kosinus. · Mencermati dan
mengidentifikasi fakta pada grafik fungsi
yang dibuat dengan menggunakan lingkaran satuan · Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat
kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk untuk membuat sketsa grafik fungsi
trigonometri · Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan trigonometri |
4.7. Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan,
dan cotangen) padasegitigasiku-siku |
||
3.8. Menggeneralisasi rasio trigonometri untuk
sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi |
||
4.8. Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut
berelasi |
||
3.9. Menjelaskan aturan sinus dan cosinus |
||
4.9. Menyelesaikanmasalah yang berkaitan dengan
aturan sinus dan cosinus |
||
3.10.
Menjelaskan
fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan |
||
4.10.
Menganalisa
perubahan grafik fungsi trigonometri akibat perubahan pada konstanta pada fungsi
y = a sin b(x + c) + d. |
…………………, 20…..
Mengetahui
Kepala SMAN ………………… Guru
Mata Pelajaran
………………………………….. …………………………………..
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar