Zabir_math Blogger

Hallo Guys Selamat Datang Di Blog Saya

Senin, 27 Desember 2021

 

SILABUS

MATA PELAJARAN MATEMATIKA WAJIB

Alokasi waktu: 4 jam pelajaran/minggu

SEMESTER GANJIL DAN GENAP

SMA NEGERI ……………….

KELAS X (SEPULUH)

 

Kompetnsi Inti :

·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

3.1.  Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variable dengan persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar lainnya.

Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang Memuat Nilai Mutlak

-     Pengertian persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable

-   Penerapan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

·    Mengidentifikasi kuantitas-kuantitas dan hubungan di antaranya dalam masalah kontekstual dan merumuskan persamaan dan/atau pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak yang sesuai.

·    Menggunakan ide-ide matematika untuk menyelesaikan persamaan dan/atau pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak.

·    Menafsirkan dan mengevaluasi penyelesaian berdasarkan konteks mula-mula.

·    Mengomunikasikan proses dan hasil pemecahan masalah

·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak

·    Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satuvariabel yang memuat nilai mutlak

4.1.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variable

3.2.  Menjelaskan dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel

Pertidaksamaan

mutlak, pecahan, dan

irrasional

·   Mencermati pengertian, metode  penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan  pecahan,irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar

·   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional

·   Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional

4.2.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel

3.3.  Menyusun system persamaan linear tiga variable dari masalah kontekstual

Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

-   Pengertian Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

-   Penerapan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

·    Mengidentifikasi kuantitas-kuantitas dan hubungan di antaranya dalam masalah kontekstual dan merumuskan sistem persamaan linear tiga variabel yang sesuai.

·    Menggunakan ide-ide matematika untuk menyelesaikan sistem persamaan linear tiga variabel.

·    Menafsirkan dan mengevaluasi penyelesaian berdasarkan konteks mula-mula.

·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel

·    Mengomunikasikan proses dan hasil pemecahan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel

4.3.  Menyelesaikanmasalahkontekstual yang berkaitan dengan system persamaan linear tiga variable

3.4.  Menjelaskan dan menentukan penyelesaian system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)

Sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)

 

·   Mencermatipengertian, metode penyelesaian, kurva persamaan dalam sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.

·   Merumuskan secara aljabar maupun manipulasi matematika lainnya tentang sifat-sifat yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan kuadrat dengan dua variabel

·   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)

·   Menyajikan pelesaian masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)

4.4.  Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat

3.5.  Menjelaskan dan menentukanfungsi (terutamafungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal yang meliputi notasi, daera hasal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya

Fungsi

-     RelasidanFungsi

-     Operasi Aritmetika

-     Komposisi Fungsi

-     Fungsi Linear

-     Fungsi Kuadrat

-     Fungsi Rasional

-     Fungsi Invers

·    Mengidentifikasi hubungan antara daerah asal, daerah hasil suatu fungsi dan ekspresi simbolik yang mendefinisikannya serta mendiskusikan hubungan yang teridentifikasi dengan menggunakan berbagai representasi bersama temannya.

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontektual yang dinyatakan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk melakukan operasi aritmetika pada fungsi (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) dan operasi komposisi pada fungsi

·    Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada fungsi invers yang akan digunakan untuk menentukan eksistensinya

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi invers suatu fungsi

·    Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi

4.5.  Menganalisa karakteristik masing – masing grafik (titik potong dengan sumbu, titik puncak, asimtot) dan perubahan grafik fungsinya akibat transformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb

3.6.  Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi invers pada fungsi invers serta sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya

4.6.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi komposisi dan operasi invers suatu fungsi

3.7.  Menjelaskan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku

Trigonometri

-     Pengukuran Sudut

-     Perbandingan Trigonometri pada SegitigaSiku-Siku

-     Sudut-sudut Berelasi

-     Identitas Trigonometri

-     Aturan Sinus dan Cosinus

-     Fungsi Trigonometri

·    Mangamati dan mengidentifikasi fakta pada radian dan derajat sebagai satuan pengukuran sudut, serta hubungannya

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengukuran sudut dalam satuan radian atau derajat

·    Mangamati dan mengidentifikasi fakta pada rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) padasegitigasiku-siku.

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan denganrasio trigonometri pada segitiga siku-siku

·    Mencermati dan mengidentifikasi fakta pada rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi kemudian membuat generalisasinya

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi

·    Mengamati dan mengidentifikasi hubungan antara rasio trigonometri yang membentuk identitas dasar trigonometri.

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur pembuktian identitas trigonometri

·    Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada aturan sinus dan cosinus serta masalah yang terkait

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikanmasalah yang berkaitan dengan aturan sinus dan kosinus.

·    Mencermati dan mengidentifikasi  fakta pada grafik fungsi yang dibuat dengan menggunakan lingkaran satuan

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk untuk membuat sketsa grafik fungsi trigonometri

·    Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan trigonometri

4.7.  Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) padasegitigasiku-siku

3.8.  Menggeneralisasi rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi

4.8.  Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi

3.9.  Menjelaskan aturan sinus dan cosinus

4.9.  Menyelesaikanmasalah yang berkaitan dengan aturan sinus dan cosinus

3.10.        Menjelaskan fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan

4.10.        Menganalisa perubahan grafik fungsi trigonometri akibat perubahan pada konstanta pada fungsi y = a sin b(x + c) + d.

 

                                                                                            …………………,  20…..

 

Mengetahui

Kepala SMAN …………………                Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

…………………………………..               …………………………………..

NIP.                                                             NIP.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCAN A P E LA K SANAA N PE M BELA J ARAN ( R P P )   Se ko lah                               : SMA M a ta Pelaja r an            ...