Zabir_math Blogger

Hallo Guys Selamat Datang Di Blog Saya

Minggu, 26 Desember 2021

 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

 

Sekolah                              : SMA
Mata Pelajaran                   : Matematika 
Kelas/Semester                  : X/ Ganjil
Materi Pokok                     : Sistem Persamaan Linear Satu Variabel
Alokasi Waktu                   : …….. Menit

 

A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan belajar mengajar selesai, peserta didik dapat :

1.       Menghayati dan mengamalkan materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel sebagai bentuk penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianutnya

2.       Menguasai materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel dengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.       Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.   Media Pembelajaran&SumberBelajar

Media                  : Laptop, LCD, power point, gambar dan video yang relevan, fasilitas internet

Sumber Belajar  : BukuPrakarya Kelas VII, Kemendikbud, edisi 2016.

 

C.   Langkah-Langkah Pembelajaran

KegiatanPendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik

sebagai sikap disiplin

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman pesertadidik dengan

materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan&manfaat) dengan mempelajar materi :

Sistem Persamaan Linear Satu Variabel

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

KegiatanInti ( 50Menit )

Kegiatan

Literasi

Peserta didik diberimotivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya

kembali.diberita yang ada bahan bacaan terkait materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel.

Critical

Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,

dimulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel.

Collaboration

Pesertadidik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,

mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Sistem Persamaan Linear Satu Variabel.

 

Communication

Pesertadidik  mempresentasikan  hasil  kerja  kelompok  atau  individu  secara  klasikal,  mengemukakan

pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembal oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

 

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Sistem Persamaan Linear Satu Variabel..Peserta  didik  kemudian  diberi  kesempatan  untuk  menanyakan  kembalihal-hal  yang  belum dipahami

KegiatanPenutup (15 Menit)

Pesertadidik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran

yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang

baru dilakukan.

 

D.   Penilaian Hasil Pembelajaran

1.    Penilaian Pengetahuan; Teknik penilaian: Tes Uraian

2.    Penilaian Keterampilan; Penilaian Praktek dan Penilaian Produk

 

 

Mengetahui                                                                          …………………,

Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

……………………….                                                  ……………………….

NIP.                                                                                        NIP.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCAN A P E LA K SANAA N PE M BELA J ARAN ( R P P )   Se ko lah                               : SMA M a ta Pelaja r an            ...