SILABUS
Matematika
Wajib
Satuan Pendidikan : …
Kelas : XI (sebelas)
Kompetensi Inti :
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
3.1 Menjelaskan
metode pembuktian Pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan,
keterbagian dengan induksi matematika |
Induksi Matematika · Metode pembuktian langsung dan tidak
langsung · Kontradiksi · Induksi Matematis |
· Mengamati dan mengidentifikasi fakta
pada metode pembuktian langsung, tidak langsung, kontradiksi, dan induksi
matematika · Mengumpulkan dan mengolah informasi
untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menguji kesahihan
pernyataan matematis dengan metode pembuktian langsung, tidak langsung,
kontradiksi, dan induksi matematis · Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan induksi matematika · Menyajikan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan induksi matematika |
4.1 Menggunakan
metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematis
berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagian |
||
3. 2 Menjelaskan
program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan
masalah kontekstual |
Program Linear Dua Variabel · Pengertian Program Linear Dua Variabel · Sistem Pertidaksamaan Linier Dua
Variabel · Nilai Optimum Fungsi Objektif · Penerapan Program Liniear Dua Variabel |
· Mengamati dan
mengidentifikasi fakta padaprogram linear dua variabel dan metode
penyelesaian masalah kontekstual · Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untukmenyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan
program linear dua variabel · Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan program linear dua variabel · Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan program linear dua variabel |
4.2 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel |
||
3.3 Menjelaskan
matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah kontekstual dan
melakukan operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan,
perkalian skalar, dan perkalian, serta transpose |
Matriks · Pengertian Matriks · Operasi Matriks · Determinan dan invers matriks berordo
2×2 dan 3×3 · Pemakaian Matriks pada Transformasi
Geometri
|
· Mengamati dan mengidentifikasi fakta
pada matriks, dan kesamaan matriks dengan masalah kontekstual · Mengumpulkan dan mengolah informasi
untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk melakukan operasi
pada matriks. · Mengumpulkan dan mengolah informasi
untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya · Mengamati dan mengidentifikasi fakta
pada sifat-sifat determinan dan invers
matriks berordo 2×2 dan 3×3 · Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk
membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan matriks determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3 · Mengamati dan mengidentifikasi fakta
pada sifat-sifat transformasi geometri dengan menggunakan matriks · Mengumpulkan dan mengolah informasi
untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penggunaan matriks pada transformasi
geometri · Menyajikan masalah yang berkaitan
dengan matriks
|
4.3 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya |
||
3.4 Menganalisis
sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3 |
||
4.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan
3×3 |
||
3.5 Menganalisis
dan membandingkan transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan
matriks |
||
4.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri (translasi,
refleksi, dilatasi dan rotasi) |
||
3.6 Menggeneralisasi
pola bilangan dan jumlah pada barisan Aritmetika dan Geometri |
Barisan
dan Deret · Pola Bilangan · Barisan dan Deret Aritmatika · Barisan dan Deret Geometri |
· Mengamati
dan mengidentifikasi
fakta pada barisan berdasarkan pola iteratif dan rekursif · Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat
kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyajikan dan menyelesaikan
masalah kontekstual (termasuk
pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan anuitas) dengan pola
barisan aritmetika atau geometri · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
barisan dan deret aritmetika dan geometri · Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan barisan dan deret artimetika dan geometri
|
4.6 Menggunakan
pola barisan aritmetika atau geometri untuk menyajikan dan menyelesaikan
masalah kontekstual (termasuk pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan
anuitas) |
||
3.7 Menjelaskan
limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi rasional) secara intuitif dan
sifat-sifatnya, serta menentukan eksistensinya |
Limit Fungsi Aljabar · Konsep limit fungsi aljabar · Sifat-sifat limit fungsi aljabar · Menentukan nilai limit fungsi aljabar |
· Menenyakan tentang bagaimana
mengaitkan ukuran mobil dengan jarak dan kemudian menyuruh siswa untuk
mengamati permasalahan · Memberi scaffolding dengan mengingatkan
kembali · Mempresentasikan hasil diskusi tentang
pengertian limit di depan kelas. Sementara kelompok lainnya menanggapi dan
menyempurnakannnya. · Peserta didorong untuk bertanya
mengenai sifat-sifat limit fungsi aljabar. · Masing-masing kelompok diminta
mendiskusikan contoh, kemudian salah satu anggota kelompok diminta untuk
menjelaskan sifat-1, dan
kelompok lain diberi
kesempatan untuk menanggapi · Peserta didik didorong untuk bertanya
tentang hal yang belum dipahami,
dan masing-masing siswa
diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
4.7 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar |
||
3.8 Menjelaskan
sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar
menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi |
Turunan Fungsi Aljabar · Pengertian Turunan · Sifat-Sifat Turunan Fungsi Aljabar · Penerapan Turunan Fungsi Aljabar · Nilai-Nilai Stasioner · Fungsi Naik dan Fungsi Turun · Persamaan Garis Singgung dan Garis
Normal
|
· Mengamati
dan mengidentifikasi
fakta pada sifat-sifat turunan fungsi aljabar. · Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat
kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menentukan turunan fungsi
aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi · Mengamati
dan mengidentifikasi
fakta pada turunan pertama fungsi yang terkait dengan nilai
maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan
garis singgung kurva · Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat
kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan titik maksimum, titik minimum, dan selang
kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis
singgung, dan garis normal kurva dengan memakai turunan pertama · Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan turunan fungsi aljabar
|
4.8 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar |
||
3.9 Menganalisis
keberkaitanan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum,
dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva |
||
4.9 Menggunakan
turunan pertama fungsi untuk menentukan titik maksimum, titik minimum, dan
selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan
garis singgung, dan garis normal kurva berkaitan dengan masalah kontekstual |
||
3.10 Mendeskripsikan
integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar dan menganalisis
sifat-sifatnya berdasarkan sifat-sifat turunan fungsi |
Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar · Pengertian Integral Tak Tentu Fungsi
Aljabar · Sifat-Sifat Integral Tak Tentu Fungsi
Aljabar · Penerapan Integral Tak Tentu Fungsi
Aljabar
|
· Mengamati
dan mengidentifikasi
fakta pada integral tak tentufungsi aljabar dan sifat-sifatnya · Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat
kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah dengan
integral tak tentu fungsi
aljabar · Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan integral tak tentu fungsi aljabar |
4.10 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu (anti turunan) fungsi
aljabar |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar