SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ______________________
Kelas : VII
Nama Guru : ______________________
NIP / NIK : ______________________
Alokasi
Waktu : 5 Jam Pelajaran/Minggu
Kompetensi Inti (KI) :
· KI-1 (Spiritual) : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
· KI-3 (Soasial) : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
· KI-3 (Pengetahuan) : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
· KI 4 (Keterampilan) : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi
Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan
sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
3.1 Menjelaskan dan
menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan
(biasa, campuran, desimal, persen) 3.2 Menjelaskan dan
melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan
berbagai sifat operasi 3.3 Menjelaskan dan
menentukan representasi bilangan bulat besar sebagai bilangan berpangkat
bulat positif 4.1 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan
(biasa, campuran, desimal, persen) 4.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan 4.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bilangan bulat besar sebagai bilangan
berpangkat bulat positif |
Bilangan Bulat
dan Pecahan -
Membandingkan
bilangan bulat dan pecahan -
Mengurutkan
bilangan bulat dan pecahan -
Operasi
dan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan -
Mengubah
bentuk bilangan pecahan -
Menyatakan
bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif -
Kelipatan
persekutuan terkecil (KPK) -
Faktor
persekutuan terbesar (FPB) |
-
Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat,
Misal: zona pembagian waktu berdasarkan GMT (Greenwich Meredian Time), hasil
pengukuran suhu dengan termometer, kedalaman di bawah permukaan laut,
ketinggian gedung, pohon atau daratan -
Mencermati
urutan bilangan, sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat, kelipatan
persekutuan dan faktor persekutuan serta penerapannya -
Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan pecahan. Misal: pembagian potongan kue, potongan buah, potongan
gambar, potongan selembar kain/kertas, pembagian air dalam gelas, dan
sebagainya -
Mengumpulkan
informasi tentang KPK dan FPB serta dua teknik menemukannya (pohon faktor dan
pembagian bersusun) -
Mengumpulkan
informasi tentang bagaimana menyatakan bilangan dalam bentuk pangkat bulat -
Mengumpulkan
informasi tentang sifat-sifat penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat,
perkalian dan pembagian pada bilangan bulat dan pecahan -
Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran tentang perbandingan bilangan
bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian
bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan bulat, perbandingan bilangan
pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan, dan bilangan rasional -
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan bilangan bulat, penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan
dan faktor bilangan bulat, perbandingan bilangan pecahan, pengali dan pembagi
bilangan pecahan, dan bilangan rasional |
3.4 Menjelaskan dan
menyatakan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong,
komplemen himpunan, menggunakan masalah kontekstual 3.5 Menjelaskan dan
melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual 4.4 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan
semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan 4.5 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi biner pada himpunan |
Himpunan -
Menyatakan
himpunan -
Himpunan
bagian, kosong, semesta -
Hubungan
antar himpunan -
Operasi
pada himpunan -
Komplemen
himpunan |
-
Mengamati
penggunaan himpunan dalam kehidupan sehari-hari. Misal:
kumpulan hewan, tumbuhan, buah- buahan, kendaraan bermotor, alat tulis,
suku-suku yang ada di -
Mencermati
permasalahan yang berkaitan dengan himpunan bagian, himpunan semesta,
himpunan kosong, anggota himpunan, himpunan kuasa, kesamaan dua himpunan,
irisan antar himpunan, gabungan antar himpunan, komplemen himpunan, selisih,
dan sifat-sifat operasi himpunan -
Mengumpulkan
informasi mengenai sifat identitas, sifat komutatif, sifat asosiatif, dan
sifat distributif pada himpunan -
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang himpunan dan sifat-sifat operasi himpunan -
Memecahkan
masalah yang terkait dengan himpunan dan sifat-sifatnya |
3.6 Menjelaskan
bentuk aljabar dan unsur-unsurnya menggunakan masalah kontekstual 3.7 Menjelaskan dan
melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian,
dan pembagian) 4.6 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar 4.7 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi pada bentuk aljabar |
Bentuk
Aljabar -
Menjelaskan
koefesien, variabel, konstanta, dan suku pada bentuk aljabar -
Operasi
hitung bentuk aljabar -
Penyederhanaan
bentuk aljabar |
-
Mencermati
masalah sehari- hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep bentuk aljabar -
Mencermati
bentuk aljabar dari berbagai model bentuk, penjumlahan dan
pengurangan bentuk aljabar yang disajikan, cara menyederhanakan bentuk
aljabar -
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang bentuk aljabar, operasi hitung aljabar, dan
penyederhanaan bentuk aljabar -
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar, operasi bentuk aljabar, serta
penyederhanaan bentuk aljabar |
3.8 Menjelaskan
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya 4.8 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel |
Persamaan
dan Pertidaksamaan Linear satu Variabel -
Pernyataan
-
Kalimat
terbuka -
Penyelesaian
persamaan linear satu variabel dan pertidaksamaan linear satu variable |
-
Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan linear satu
variabel. Misal: panas benda dengan ukuran panjang, kecepatan dan
jarak tempuh -
Mengumpulkan
informasi penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
melalui manipulasi aljabar untuk menentukan bentuk paling sederhana -
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang persamaan linear satu variabel, bentuk setara
persamaan linear satu variabel, dan konsep pertidaksamaan -
Memecahkan
masalah tentang persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable |
3.9 Menjelaskan rasio
dua besaran (satuannya sama dan berbeda) 3.10 Menganalisis
perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data,
grafik, dan persamaan 4.9 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda) 4.10 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai
|
Perbandingan -
Membandingan
dua besaran -
Perbandingan
senilai -
Perbandingan
berbalik nilai |
-
Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep rasio atau
perbandingan. Misal: peta, denah, maket, foto, komposisi bahan makanan pada
resep, campuran minuman, dan komposisi obat pada resep obat -
Mengumpulkan
informasi tentang model matematika dari konsep perbandingan sebagai hubungan
fungsional antara suatu besaran dengan besaran lain berbentuk perbandingan
senilai, perbandingan berbalik nilai -
Mengumpulkan
informasi mengenai strategi menyelesaikan masalah nyata yang melibatkan
konsep perbandingan -
Menyajikan
hasil pembelajaran perbandingan senilai dan berbalik nilai -
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai |
3.11 Menganalisis
aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian,
bunga tunggal, persentase, bruto, neto, 4.11 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan,
keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, |
Aritmetika
Sosial -
Harga
penjualan dan pembelian -
Keuntungan,
kerugian, dan impas -
Persentase
untung dan rugi -
Diskon -
Pajak -
Bruto,
tara, dan netto -
Bunga
tunggal |
-
Mencermati
kegiatan-kegiatan sehari-hari berkaitan dengan transaksi jual beli, kondisi
untung, rugi, dan impas -
Mencermati
cara menentukan diskon dan pajak dari suatu barang -
Mengamati
konteks dalam kehidupan di sekitar yang terkait dengan bruto, neto, dan tara -
Mengumpulkan
informasi tentang cara melakukan manipulasi aljabar terhadap permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan artimetika sosial -
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang aritmetika sosial -
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan artimetika sosial |
3.12 Menjelaskan
sudut, jenis sudut, hubungan antar sudut, cara melukis sudut, membagi sudut,
dan membagi garis 3.13 Menganalisis
hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh
garis transversal 4.12 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sudut dan garis 4.13 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua
garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal |
Garis dan
Sudut -
Garis -
Kedudukan
garis -
Membagi
garis -
Perbandingan
ruas garis -
Pengertian
sudut -
Jenis-jenis
sudut -
Hubungan
antar sudut -
Melukis
dan sudut |
-
Mencermati
model gambar atau objek yang menyatakan titik, garis, bidang, atau sudut -
Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan garis dan sudut -
Mencermati
kedudukan dua garis, jenis-jenis sudut, hubungan antar sudut -
Mencermati
sudut-sudut yang terbentuk dari dua garis yang dipotong oleh garis
transversal -
Mencermati
cara melukis dan membagi sudut menggunakan jangka -
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang garis dan sudut -
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan garis dan sudut |
3.14 Manganalisis
berbagai bangun datar segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat,
jajargenjang, trapesium, dan layang- layang) dan segitiga berdasarkan sisi,
sudut, dan hubungan antar sisi dan antar sudut 3.15 Menurunkan rumus
untuk menentukan keliling dan luas segiempat (persegi, persegipanjang,
belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang- layang) dan segitiga 4.14 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bangun datar segiempat (persegi,
persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang- layang)
dan segitiga 4.15 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat
(persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-
layang) dan segitiga |
Bangun Datar
(Segiempat dan segitiga) -
Pengertian
segi empat dan segitiga -
Jenis-jenis
dan sifat-sifat bangun datar -
Keliling dan
luas segi empat dan segitiga -
Menaksir
luas bangun datar yang tak beraturan |
-
Mencermati
benda di lingkungan sekitar berkaitan dengan bentuk segitiga dan segiempat -
Mengumpulkan
informasi tentang unsur-unsur pada segiempat dan segitiga -
Mengumpulkan
informasi tentang jenis, sifat dan karakteristik segitiga dan segiempat
berdasarkan ukuran dan hubungan antar sudut dan sisi-sisi -
Mengumpulkan
informasi tentang rumus keliling dan luas segiempat dan segitiga melalui
pengamatan atau eksperimen -
Mengumpulkan
informasi tentang cara menaksir luas bangun datar tidak beraturan menggunakan
pendekatan luas segitiga dan segiempat -
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang segiempat dan segitiga -
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan segiempat dan segitiga |
3.16 Menganalisis
hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram
batang, dan diagram lingkaran) 4.16 Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel,
diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran |
Penyajian
Data: -
Jenis data
-
Tabel -
Diagram
garis -
Diagram
batang -
Diagram
lingkaran |
-
Mencermati
penyajian data tentang informasi di sekitar yang disajikan dengan tabel,
ataupun diagram dari berbagai sumber media. Misal: koran, majalah, dan
televisi -
Mencermati
cara penyajian data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan
diagram lingkaran -
Mengumpulkan
informasi tentang jenis data yang sesuai untuk disajikan dalam bentuk bentuk
tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran -
Mengumpulkan
informasi tentang cara menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk tabel,
diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran -
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang,
garis, dan lingkaran -
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram
batang, garis, dan lingkaran |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar