SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP/MTs
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : IX (Sembilan)
Nama
Guru :
NIP/NIK :
Kompetensi
Inti :
KI 1 |
: |
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya |
KI 2 |
: |
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
KI 3 |
: |
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata |
KI 4 |
: |
Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi
Waktu |
Sumber
Belajar |
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya |
|
Pembelajaran KI 1 dan
KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3
dan KI 4 |
Penilaian KI 1 dan KI
2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh
peserta didik, dan jurnal |
|
|
2.1
Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik dan kreatif, konsisten dan teliti, bertanggung
jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah
sehari-hari, yang merupakan pencerminan sikap positif dalam bermatematika 2.2
Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada matematika serta memiliki
rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar 2.3
Memiliki
sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam
interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari. |
|
|
|
|
|
3.1
Memahami
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan 3.2
Memahami
operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar 4.8
Membuat
dan menyelesaikan model matematika dari berbagai permasalahan nyata |
Bilangan Berpangkat
dan Bentuk Akar · Bilangan Berpangkat · Bentuk Akar |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan pangkat dan akar § Mencermati tentang aturan dari bilangan
berpangkat dan bentuk akar § Mencermati tentang sifat perpangkatan dengan satu,
perpangkatan dengan nol dan perpangkatan dengan bilangan negatif § Mencermati tentang operasi
aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar Menanya § Menanya
tentang penerapan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar dalam kehidupan
sehari-hari § Menanya
tentang kelebihan dan manfaat mengubah menjadi pangkat dan akar dari
perkalian/pembagian berulang dan generalisasi § Menanya
tentang cara mengubah masalah/bahasa
sehari-hari ke dalam bentuk pangkat dan akar dan sebaliknya § Menanya
tentang aturan dari bilangan berpangkat dan bentuk akar § Menanya
tentang sifat perpangkatan dengan satu, perpangkatan dengan nol dan
perpangkatan dengan bilangan negatif § Menanya
tentang operasi aljabar yang melibatkan bilangan
berpangkat bulat dan bentuk akar Mengumpulkan
Informasi § Menggali informasi tentang bentuk perpangkatan
dari bentuk perkalian berulang dan menghitung hasil berbagai perpangkatan
bilangan § Menggali informasi tentang aturan dari bilangan
berpangkat dan bentuk akar § Menggali informasi tentang sifat perpangkatan
dengan satu, perpangkatan dengan nol dan perpangkatan dengan bilangan negatif § Menggali informasi tentang penulisan hasil
pengukuran yang sangat besar atau sangat kecil dalam bentuk notasi ilmiah,
untuk menuliskan masa electron, masa bakteri, masa matahari, masa bumi dsb § Menggali informasi tentang bentuk akar dari bentuk
pembagian berulang dan sebagai kebalikan dari perpangkatan serta menghitung
hasil berbagai penarikan akar bilangan, dilanjutkan dengan mendefinisikan
pengertian akar dan notasi penulisannya § Menggali informasi tentang sifat-sifat operasi
aljabar, manipulasi matematika dengan bilangan berpangkat § Menggali informasi tentang hasil penarikan akar,
hasil perpangkatan, notasi ilmiah, solusi suatu masalah, prosedur
penyederhanaan bentuk pangkat dan akar atau unsur lainnya berkaitan dengan
perpangkatan dan bentuk akar Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan penerapan pangkat dan akar § Menganalisis batasan atau cakupan konsep
pangkat dan akar, termasuk menguji keberlakuan pangkat dan akar tertentu § Menganalisis model atau kalimat matematika
yang tepat, lengkap dan cukup berkaitan dengan masalah pangkat dan bentuk
akar, serta syarat keberlakuan modelnya § Menganalisis algoritma atau prosedur
operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari
masalah pangkat dan bentuk akar § Menganalisis solusi atau penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan masalah
pangkat dan bentuk akar § Menganalisis tahapan dan prosedur penyelesaian
masalah pangkat dan bentuk akar Mengomunikasikan § Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai bilangan
berpangka dan bentuk akar § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai bilangan berpangkat dan bentuk akar Pengetahuan Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi
seputar sejarah bilangan berpangkat dan bentuk akar § Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar Keterampilan Portofolio Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan pangkat dan bentuk akar kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan |
25
JP |
Buku teks matematika
Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan bilangan berpangkat
dan bentuk akar, alat peraga,
lingkungan |
3.3
Menganalisis
sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya 4.1
Menyelesaikan
permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel,
sistem persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi kuadrat |
Fungsi dan persamaan
kuadrat |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan ekspresi aljabar, khususnya fungsi dan persamaan kuadrat § Mencermati tentang sifat-sifat
fungsi kuadrat Menanya § Menanya
tentang penerapan fungsi dan persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari § Menanya
tentang kelebihan dan manfaat penerapan fungsi kuadrat dalam masalah
sehari-hari § Menanya
tentang sifat-sifat fungsi kuadrat Mengumpulkan
Informasi § Menggali
informasi tentang contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan
aktifitas sosial sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi kuadrat § Menggali
informasi tentang ciri dan sifat dari variabel, koefisien, konstata dan
derajat dari suatu fungsi kuadrat, dan menggambarkan sketsa serta
mendeskripsikan bentuk grafik dan titik puncaknya § Menggali
informasi tentang sifat-sifat fungsi kuadrat
ditinjau dari koefisien dan determinannya § Menggali
informasi tentang manipulasi matematika tertentu untuk menyederhanakan atau
mengubah fungsi kuadrat ke bentuk kuadrat sempurna § Menggali
informasi tentang cara menemukan rumus sumbu simetri dan diskriminan dari
fungsi kuadrat, dilanjutkan dengan menggambar dan menjelaskan karakteristik
berbagai sketsa grafik fungsi kuadrat untuk berbagai nilai koefisien dan
diskriminan § Menggali
informasi tentang nilai fungsi kuadrat, titik potong dengan sumbu koordinat,
sumbu simetri, titik puncak, koefisien dan diskriminan, sifat-sifat dan
sketsa grafik, ataupun unsur lainnya berkaitan dengan fungsi kuadrat Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan fungsi kuadrat § Menganalisis perbedaan fungsi dan
persamaan kuadrat melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena
alam dan aktifitas sosial sehari-hari § Menganalisis unsur-unsur kurva fungsi
kuadrat dari perilaku grafiknya apabila digeser ke atas, ke bawah, ke kiri
dan ke kanan § Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya § Menganalisis model atau kalimat matematika
yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah fungsi kuadrat, serta
syarat keberlakuan modelnya § Menganalisis algoritma atau prosedur
operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari
masalah berkaitan fungsi kuadrat § Menganalisis
solusi atau penyelesaian masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi
berkaitan dengan fungsi kuadrat Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai fungsi dan persamaan kuadrat § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai fungsi dan persamaan kuadrat Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan fungsi dan persamaan kuadrat § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi
seputar sejarah fungsi dan persamaan kuadrat, serta penggunaanya dalam
kehidupan sehari-hari § Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan fungsi dan persamaan kuadrat Keterampilan: § Portofolio Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan fungsi, persamaan kuadrat dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan |
10
JP |
Buku teks matematika
Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan fungsi dan persamaan
kuadrat, alat peraga, benda di
lingkungan, benda berbentuk parabola |
3.4
Memahami
perbandingan bertingkat dan persentase, serta mendeskripsikan permasalahan
menggunakan tabel, grafik, dan persamaan 4.2
Menggunakan
konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan
bertingkat dan persentase dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan 4.3
Menyelesaikan
permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan
berbagai modifikasi aljabar dan aritmetika |
Perbandingan
bertingkat Persentase |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan perbandingan bertingkat dan persentase § Mencermati
tentang perbandingan bertingkat dan persentase Menanya § Menanya
tentang penerapan perbandingan bertingkat dan persentase dalam kehidupan
sehari-hari § Menanya
tentang kelebihan dan manfaat mengenal masalah sehari-hari yang bersifat
fungsional, tidak fungsional, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari
ke dalam bentuk perbandingan dan sebaliknya § Menanya
tentang perbandingan bertingkat dan persentase Mengumpulkan
Informasi § Menggali informasi tentang pecahan biasa,
pembilang, penyebut dan representasinya ke dalam berbagai bentuk gambar,
serta kaitan dan penulisannya dalam bentuk rasio, perbandingan atau proporsi § Menggali
informasi tentang strategi mengubah suatu perbandingan ke dalam bentuk nilai
perbandingan bulat paling sederhana § Menggali
informasi tentang nilai perbandingan bertingkat atau persentase dari
kuantitas benda dengan kuantitas benda lainnya dalam suatu kumpulan benda,
atau suatu ukuran/besaran dengan ukuran/besaran lainnya di bidang aritmetika
social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya § Menggali informasi tentang ciri atau karakteristik
serta menentukan nilai perbandingan yang bersifat seharga/linear atau
berbalik nilai/tidak senlai dari dua besaran yang memiliki hubungan
fungsional dan disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan persamaan § Menggali
informasi tentang nilai perbandingan, kuantitas benda tertentu, ataupun
kuantitas keseluruhan benda, tabel, grafik dan persamaan, termasuk penerapannya
di bidang aritmetika social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya
berkaitan dengan perbandingan Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis sehari-hari yang berkaitan
dengan penerapan perbandingan § Menganalisis perbandingan senilai, tidak
senilai, berbanding lurus, terbalik atau lainnya melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari § Menganalisis unsur-unsur, besaran atau
karakteristik grafik terkait dengan masalah perbandingan § Menganalisis informasi yang relevan
berkaitan dengan masalah perbandingan/rasio/proporsi dengan merepresentasikan
secara matematis, melalui model, diagram, tabel, grafik atau persamaan § Menganalisis model atau kalimat matematika
yang tepat, lengkap dan cukup berkaitan dengan masalah
perbandingan/rasio/proporsi, serta syarat keberlakuan modelnya § Menganalisis algoritma atau prosedur
operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari
masalah perbandingan/rasio/proporsi § Menganalisis solusi dan penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusiberkaitan dengan masalah
perbandingan/rasio/proporsi § Menganalisis tahapan dan prosedur
penyelesaian masalah perbandingan/rasio/proporsi § Menganalisis ciri dan karakteristik
masalah hubungan dua besaran yang bersifat fungsional ke dalam bahasa
sendiri, diagram, pasangan nilai, tabel, atau grafik/gambar yang lebih
sederhana, jelas dan lengkap § Menganalisis perbandingan bertingkat atau
persentase dari kuantitas benda dengan kuantitas benda lainnya dalam suatu
kumpulan benda, atau suatu ukuran/besaran dengan ukuran/besaran lainnya di
bidang aritmetika social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai perbandingan bertingkat dan
persentase § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai perbandingan bertigkat dan
persentase Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan perbandingan § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi
seputar perbandingan dan penggunaannya § Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan perbandingan bertingkat dan persentase Keterampilan: § Portofolio Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan perbandingan dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan |
10
JP |
Buku teks matematika
Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan perbandingan, alat peraga, peta, lingkungan |
3.5
Menentukan
orientasi dan lokasi benda dalam koordinat Cartesius serta menentukan posisi relatif terhadap acuan tertentu |
Koordinat Cartesius |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan penggunaan sistem koordinat § Mencermati
tentang lokasi benda dalam koordinat Cartesius § Mencermati posisi relatif terhadap acuan
tertentu Menanya § Menanya
tentang penerapan koordinat kartesius dalam kehidupan sehari-hari § Menanya
tentang posisi letak objek atau tempat yang sifatnya relative, serta manfaat
dalam kehidupan, dsb § Menanya
tentang kelebihan dan manfaat penentuan letak objek dalam denah, peta
sederhana, bagaimana implementasinya pada kehidupan sehari-hari dengan
menerapkan sistem koordinat 1 dimensi, 2 dimensi, 3 dimensi, dsb. § Menanya
tentang lokasi benda dalam koordinat Cartesius § Menanya tentang posisi relatif terhadap
acuan tertentu Mengumpulkan
Informasi § Menggali
informasi tentang contoh kedudukan suatu titik dan bangun datar serta
menggambarkannya dalam sistem koordinat Cartesius § Menggali
informasi tentang letak atau jarak suatu tempat pada denah/peta manual atau
peta digital untuk menentukan arah dan ukuran sebenarnya benda, posisi atau
jarak suatu tempat dalam sistem koordinat § Menggali informasi tentang deskripsi denah/peta
posisi dan arah dari suatu benda dan letak suatu tempat pada sistem koordinat
dengan skala yang sesuai § Menggali
informasi tentang denah/peta kontur sederhana secara manual atau digital
untuk menentukan arah, ukuran, posisi, jarak dan ketinggian suatu daerah
dalam sistem koordinat Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan sistem koordinat § Menganalisis cara memposisikan letak
objek, benda atau tempat (sistem koordinat Carterius, polar/kutub secara
sederhana) melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan
aktifitas sosial sehari-hari § Menganalisis unsur-unsur atau komponen
yang diperlukan dalam sistem pemposisian objek atau tempat dari suatu peta,
denah, globe, atau atlas (misal mengapa perlu skala, arah, keterangan, judul,
simbol termasuk untuk kontur) Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai koordinat kartesius § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai lokasi benda dalam koordinat
kartesius Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan koordinat cartesius § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi
seputar sejarah koordinat cartesius Tes
tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan koordinat cartesius Keterampilan Portofolio Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan koordinat cartesius dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan |
10
JP |
Buku teks matematika
Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan koordinat
kartesius, alat peraga, benda di
lingkungan Alat peraga koordinat |
3.6
Memahami
konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan 4.5
Menyelesaikan
permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan
kekongruenan |
Kesebangunan dan
Kekongruenan |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan relasi bangun-bangun datar dan bangun ruang § Mencermati
tentang kesebangunan dan kekongruenan geometri Menanya § Menanya
tentang penerapan kesebangunan dan kekongruenan dalam kehidupan sehari-hari § Menanya
tentang tingkat estetik, ergonomis, dan efektifitas dari berbagai benda di
sekeliling yang bersifat sebangun atau kongruen, misal: model rumah, kavling,
dsb § Menanya
tentang berbagai aspek relasi bangun datar dan bangun ruang, misal: apa
kelebihan dan manfaat mengubah sebangun dan kongruensi, bagaimana mengubah
masalah/bahasa sehari-hari ke dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep
sebangun atau kongruen dan sebaliknya § Menanya
tentang konsep kesebangunan dan kekongruenan
geometri Mengumpulkan
Informasi § Menggali informasi tentang persamaan dan perbedaan
permukaan benda-benda dan gambar atau kejadian yang memiliki bentuk sama § Menggali informasi tentang sifat, ciri dan persamaan
dan perbedaan benda dengan permukaan yang sebangun dan kongruen berdasarkan
hasil pengamatan § Menggali informasi tentang cara membuat model,
menggambar atau melukis bangun-bangun datar sebangun dan kongruen dengan
berbagai cara dan posisi § Menggali informasi tentang cara menggambar bangun
datar yang sebangun dan kongruen dengan bangun lain § Menggali informasi tentang sisi, sudut, dan
ukurannya, atau unsur lainnya berkaitan dengan kesebangunan § Menggali
informasi yang relevan berkaitan dengan masalah kesebangunan dan kongruen
dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram § Menggali
informasi tentang model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup
berdasarkan masalah kesebangunan dan kongruen § Menggali
informasi tentang algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika
yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah berkaitan kesebangunan dan
kongruen § Menggali informasi tentang solusi atau
penyelesaian masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan
dengan kesebangunan dan kongruen Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan penerapan konsep sebangun dan yang bukan konsep sebangun § Menganalisis perbedaan sebangun dan kongruen
melalui sifat atau definisi matematika § Menggali informasi tentang unsur-unsur atau
komponen dari masalah kesebangunan
dengan bantuan diagram/ilustrasi Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai kesebangunan dan kekongruenan § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai kesebangunan dan kekongruenan Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi
seputar kesebangunan dan kekongruenan serta penggunaannya dalam kehidupan
sehari-hari § Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan kesebangunan dan kekongruenan Keterampilan: § Portofolio Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan kesebangunan, kekongruenan dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan |
25
JP |
Buku teks matematika
Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan kesebangunan dan
kekongruenan, alat peraga,
benda-benda di lingkungan yang
sebangun |
3.7
Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut,
dan bola 3.8
Menaksir
dan mengitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak
beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya |
Bangun Ruang § Tabung § Kerucut § Bola § Luas Tabung § Luas Kerucut § Luas Bola § Volume Tabung § Volume Kerucut § Volume Bola |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan luas dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
dan bangun ruang tidak beraturan § Mencermati tentang luas selimut dan volume tabung,
kerucut, dan bola Menanya § Menanya tentang penerapan luas dan volume tabung,
kerucut, dan bola dalam kehidupan sehari-hari § Menanya tentang cara menghitung, menemukan, dan
menaksir luas dan volume berbagai benda di sekeliling melalui percobaan § Menanya tentang cara menentukan luas selimut dan
volume tabung, kerucut, dan bola Mengumpulkan
Informasi § Menggali informasi tentang jaring-jaring tabung,
kerucut, dan bola (yang tertutup atau tanpa tutup beberapa bagian) § Menggali informasi tentang luas permukaan serta
volume tabung, kerucut, dan bola atau berdasarkan konep luas dan volume
bangun prisma dan limas. § Menggali informasi tentang luas, volume ataupun
unsur lainnya yang berkaitan dengan tabung, kerucut, dan bola § Menggali informasi tentang sketsa bangun ruang
beraturan atau bangun geometri dasar yang memiliki kesamaan atau kemiripan
ukuran dengan bangun ruang tidak beraturan (bersisi lengkung ataupun yang
tidak lengkung) § Menggali informasi tentang strategi menghitung
luas dan volume bangun geometri dasar sebagai cara untuk menaksir luas dan
volume bangun ruang tidak beraturan sisi lengkung/ tidak lengkung § Menggali informasi tentang luas, volume ataupun
unsur lainnya yang berkaitan dengan bangun ruang tidak beraturan bersisi lengkung
ataupun yang tidak lengkung Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan luas dan volume tabung, kerucut, dan bola § Menganalisis rumus luas dan volume bangun
datar dan bangun ruang sederhana serta untuk menaksir bangun-bangun tidak
beraturan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan
aktifitas sosial sehari-hari § Menggali informasi tentang unsur-unsur rumus luas
dan volume serta perilaku hubungan fungisionalnya Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai luas permukaan dan volume tabung, kerucut, serta
bola § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai bangun ruang sisi lengkung Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung(tabung, kerucut, dan bola)
tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar bangun ruang sisi
lengkung dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari § Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan
bangun ruang (tabung, kerucut, dan bola) Keterampilan: Portofolio Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut,
dan bola) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan |
30
JP |
Buku teks matematika
Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan bangun ruang sisi
lengkung, alat peraga, benda-benda
lingkungan yang berbentuk tabung, kerucut, dan bola |
3.11
Menentukan
nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data 3.12
Memahami teknik penyajian data dari dua variabel
menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik masalah nyata serta menentukan
hubungan antar variabel untuk mengambil kesimpulan 4.6
Mengumpulkan,
mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam
bentuk tabel dan berbagai grafik serta mengidentifikasi hubungan antar
variabel serta mengambil kesimpulan |
Statistika Penyebaran data
(rata-rata, median, dan modus) |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan data, penyebaran data, dan penyajian data § Mencermati
tentang penyajian data dari dua variabel
menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik § Mencermati tentang cara mengolah,
menginterpretasi, dan menampilkan data Menanya § Menanya tentang penerapan penyebaran dan penyajian
data dalam kehidupan sehari-hari § Menanya tentang cara mengumpulkan, menata dan
menyajikan data dari yang sederhana (membuat daftar kebutuhan dan realisasi
belanja, dsb) sampai kompleks (melakukan survei kebutuhan pangan secara
nasional menggunakan instrumen kuesioner, mengentri dan mengolah dengan
perangkat komputer dan menyajikan pada berbagai bentuk tampilan, dsb) § Menanya tentang kelebihan dan manfaat data untuk
memberi tafsiran dan menetapkan sesuatu. Misal: strategi pemenangan PEMILU
berdasarkan data § Menanya tentang cara mengolah,
menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan § Menanya tentang cara menentukan nilai
rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data Mengumpulkan
Informasi § Menggali
informasi tentang ukuran pemusatan data menggunakan statistik tertentu:
rata-rata, median, modus, serta memberikan persamaan dan perbedaan arti
statistic-statistik tersebut melalui contoh dari berbagai jenis data atau
kelompok data § Membahas dan berdiskusi untuk merumuskan berbagai
alternative keputusan, saran dan mengambil atau menetapkan keputusan berdasar
hasil analisis kecenderungan datanya, serta mendeskripsikan dampak yang
mungkin terjadi dari keputusan yang dipilih dan opsi atau pilihan
penyelesaiannya § Menggali informasi tentang penataan data dalam
bentuk tabel baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi, atau berbagai
jenis grafik sesuai karakteristik data, secara manual dan dengan bantuan
computer § Menggali informasi tentang cara mengorganisasi
data dan memilih jenis statistic yang relevan berkaitan dengan masalah yang
berkaitan dengan penataan data § Menggali informasi tentang sifat, kelebihan, dan
alasan dalam memilih jenis penataan data § Menggali informasi tentang hubungan antar variable
pada data yang bersifat korelasi, regresi/hubungan fungsional, dan
trend/deret waktu § Menggali informasi tentang penyajian data bentuk
tabel (baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi), berbagai jenis
grafik, hubungan antar variable atau unsur lainnya secara manual dan dengan
bantuan computer berkaitan dengan penataan data § Menggali informasi tentang konsep populasi, ruang
sample, dan titik sample/anggota/kejadian melalui contoh dan percobaan § Menggali informasi tentang pelaporan hasil
pengamatan, pengukuran atau pekerjaan lainnya secara apa adanya sesuai
kapasitas disertai penjelasan, bukti, atau bentuk tindakan lainnya bahwa
pekerjaan telah dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, sbb: § Menggali informasi tentang aturan dan strategi
pencacahan atau cara memasang benda/objek dengan benda/objek lainnya dengan
jumlah dan jenis tertentu secara sederhana melalui contoh dan mencoba-coba,
serta menentukan ruang samplenya misal: kombinasi plat nomor mobil, dsb § Menggali informasi tentang cara merancang dan
menyusun alat pengumpul data untuk mengukur atau mencacah data, yang dapat
berupa panduan wawancara, alat ukur atau pencacah, formulir isian/kuesioner,
dsb memilih cakupan dan jenis data
yang akan dicacah, diamati atau untuk diukur § Menggali informasi tentang cara mencacah atau
mengukur objek data, mengumpulkan, dan merekam atau mencatat data,
dilanjutkan dengan menata, mengolah data serta menyajikan dalam bentuk tabel
(baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi), grafik batang, diagram
lingkaran, dan grafik garis, secara manual atau dengan bantuan computer § Menggali informasi tentang interpretasi secara
sederhana sajian data menggunakan statistic tertentu untuk menafsirkan kecenderungan data, persebaran
data, tingkat hubungan antar variable (korelasi, trend, dan regresi
sederhana) ataupun ukuran lainnya, dilanjutkan dengan membandingkan dan
menafsirkan statistik dari dua kelompok data sejenis § Menggali informasi tentang pengambilan keputusan
berdasar hasil analisis data yang telah dilakukan, serta mendeskripsikan
dampak yang mungkin terjadi dari keputusan yang dipilih dan opsi atau pilihan
penyelesaiannya § Menggali informasi tentang organisasi data dan
pemilihan informasi yang relevan berkaitan dengan masalah peluang dengan
merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan penyebaran dan penyajian data § Menganalisis perbedaan arti statistik dari dua
kelompok data sejenis melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau
fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari § Menganalisis unsur-unsur statistik dan hubungan
antar variabel data sebagai dasar untuk mengambil keputusan, beserta
alasannya Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai penyebaran data (rata-rata, median, dan modus)
dan penafsiran data § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai penyebaran dan penyajian data Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan statistika khususnya tentang mean, median, modus § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari data
kemudian mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data. § Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan penyebaran data tentang mean, median, modus, dan pengolahan data Keterampilan: § Portofolio Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan statistika dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan |
15
JP |
Buku teks matematika
Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan penyebaran
data, koran, majalahh, komputer, alat
peraga lainnya, lingkungan |
3.9
Menentukan
peluang suatu kejadian sederhana
secara empirik dan teoritik 3.13
Memahami
konsep ruang sampel dan menentukan anggota melalui percobaan 4.7
Menerapkan
prinsip-prinsip peluang untuk menyelesaikan masalah nyata |
Peluang Empirik Peluang Teoritik |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan peluang § Mencermati
tentang peluang suatu kejadian sederhana secara empirik dan teoritik § Mencermati tentang ruang sampel dan
menentukan anggota melalui percobaan Menanya § Menanya tentang penerapan peluang empirik dan
peluang teoritik dalam kehidupan sehari-hari § Menanya
tentang peluang suatu kejadian sederhana secara empirik dan teoritik § Menanya tentang konsep ruang sampel dan
menentukan anggota melalui percobaan Mengumpulkan
Informasi § Menggali informasi tentang sifat atau
karakteristik kejadian acak atau random, independen, saling lepas, atau
bersyarat serta berbagai factor yang menyebabkan kejadian bersifat tidak
acak, tidak independen, atau tidak saling lepas § Menggali informasi tentang probabilitas atau
peluang empiric, menjelaskan melalui contoh untuk merumuskan konsep peluang
secara teoritik, serta membentuk diagram pohon, tabulasi/tabel, dan
pendaftaran untuk merumuskan dan menafsirkan sifat peluang § Menggali informasi tentang peluang kejadian acak,
peluang kejadian yang dipengaruhi faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan
situasi yang serupa atau intuisi § Menggali informasi tentang peluang kejadian independen
dan bersyarat secara sederhana § Menggali informasi tentang aturan dan strategi
pencacahan atau cara memasang benda/objek dengan benda/objek lainnya dengan
jumlah dan jenis tertentu secara sederhana melalui contoh dan mencoba-coba,
serta menentukan ruang samplenya misal: kombinasi plat nomor mobil, dsb § Menggali informasi tentang cara membuat atau
merumuskan model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup
berdasarkan masalah peluang § Menggali informasi tentang cara memilih algoritma atau prosedur
operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari
masalah berkaitan peluang § Menggali informasi tentang cara menafsirkan solusi atau penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan peluang Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis permasalahan sehari-hari sehari-hari
yang berkaitan dengan peluang empirik dan peluang teoritik § Menganalisis secara sederhana kejadian yang
bersifat acak, tidak acak, independen, tidak independen, saling lepas, tidak
saling lepas serta mengidentifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi melalui
contoh § Menganalisis
peluang suatu kejadian sederhana secara empirik dan teoritik Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai peluang empirik dan peluang teoritik § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai peluang empirik dan peluang teoritik Pengetahuan Penugasan § Tugas terstruktur mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan peluang terutama tentang peluang empirik dan teoritik § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi
seputar sejarah tentang peluang empirik dan teoritik § Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan peluang empirik dan teoritik Keterampilan: § Portofolio Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan peluang dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan |
10
JP |
Buku teks matematika
Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan peluang, dadu, koin, kartu, alat peraga lainnya ,
lingkungan |
3.10
Menerapkan
pola dan generalisasi untuk membuat prediksi 3.14
Memilih
strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan 4.4
Mengenal
pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan memperumumnya; menggunakan
untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru |
Pola Bilangan,
Barisan dan Deret |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan pola, barisan dan deret § Mencermati pola
bilangan, barisan, deret serta memperumumnya; § Mencermati pola dan
generalisasi untuk membuat prediksi Menanya § Menanya tentang penerapan pola dalam kehidupan
sehari-hari § Menanya tentang penggunaan pola untuk memprediksi
kejadian, aktifitas sehari-hari, maupun aktifitas sosial lainnya § Menanya tentang kelebihan dan manfaat penggunaan
pola untuk memprediksi § Menanya tentang pola
bilangan, barisan, deret dan cara
memperumumnya; Mengumpulkan
Informasi § Menggali informasi tentang permasalahan
sehari-hari yang memiliki pola tertentu, serta memberi alasan dari ciri,
sifat atau karakteristik pola tersebut § Menggali informasi tentang cara, strategi, metode
untuk membuat generalisasi beberapa sifat dalam matematika melalui pendekatan
percobaan, pengamatan pola, atau secara deduktif sederhana § Menggali informasi tentang pola, barisan dan deret
melalui contoh dari pola/barisan bilangan, geometris, ataupun fenomena lainnya, serta strategi untuk
melakukan prediksi dalam menentukan polanya § Menggali informasi tentang pola bilangan, pola
geometris, dan fenomena sehari-hari serta membuat generalisasi untuk
merumuskan masalah baru/lainnya § Menggali informasi tentang organisasi data dan
memilih informasi yang relevan berkaitan dengan masalah pola bilangan, pola
geometris, dan fenomena sehari-hari dengan merepresentasikan secara
matematis, melalui model atau melalui diagram § Menggali informasi tentang cara memilih algoritma
atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam
menyelesaikan model dari masalah pola bilangan, pola geometris, dan fenomena
sehari-hari § Menggali informasi tentang cara memperumum pola bilangan, barisan, deret Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola, barisan, dan
deret § Menganalisis perbedaan pola, barisan dan deret
melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas
sosial sehari-hari, maupun dalam matematika § Menganalisis cara-cara menyatakan pola, barisan
dan deret § Menanalisis cara memprediksi menggunakan pola dan
generalisasi Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai pola bilangan, barisan, dan deret § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau
presentasi peserta didik mengenai pola
bilangan, barisan, dan deret Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan pola bilangan, barisan dan deret § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi
penggunaan pola bilangan, barisan dan deret dalam kehidupan sehari-hari § Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan pola bilangan, barisan, dan deret Keterampilan: § Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan pola bilangan,
barisan, deret, dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan |
15
JP |
Buku teks matematika
Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan pola barisan dan
deret, korek api, lidi, alat peraga
lainnya, lingkungan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar