RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi Pokok : Operasi Aljabar
Alokasi Waktu : 5 X 40 Menit
A. Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1 Mempertebal keyakinan terhadap kebesaran Tuhan setelah melihat keteraturan yang ada di alam sekitar, dengan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
1.1.2 Bersyukur atas kebesaran Tuhan dengan adanya keunikan pola keteraturan di alam semesta, dengan serius dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2.1.1 Membiasakan bertanggung jawab dalam kelompoknya.
2.1.2 Menerapkan perilaku jujur dalam memecahkan masalah yang berkaitan operasi aljabar.
2.2.1 Memiliki rasa ingin tahu tentang operasi aljabar.
2.2.2 Berani dalam mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas.
3.1.1 Mengenal bentuk aljabar.
3.1.2 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar.
3.1.3 Menyelesaikan operasi penjumlahan bentuk aljabar.
3.1.4 Menyelesaikan operasi pengurangan bentuk aljabar
D. Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat mengenal bentuk aljabar melalui diskusi kelompok.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi tiga unsur yang ada pada bentuk aljabar melalui diskusi kelompok.
- Peserta didik dapat menyelesaikan operasi penjumlahan pada bentuk aljabar.
- Peserta didik dapat menyelesaikan operasi pengurangan pada bentuk aljabar.
E. Metode Pembelajaran
- Pendekatan Saintifik
- Model Pembelajaran Discovery Learning
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
- Media
Tayangan power point, Lembar Kerja
- Alat dan bahan
Laptop, LCD, kertas plano, spidol, selotip
- Sumber Belajar
As’ari, Abdur Rahman, dkk. 2014. Matematika SMP/MTs Kelas VIII. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Puskur dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
Contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan bentuk aljabar
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Uraian Kegiatan | Rencana Waktu |
Pendahuluan | 1. Guru menyampaikan salam. 2. Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik. 3. Apersepsi: Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik tentang materi sebelumnya yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari. Contoh pertanyaan: 1) Bagaimana kalimat matematika dari “Suatu bilangan jika ditambah 2 sama dengan 5?” 2) Mengapa 2x + 5 = 7 merupakan PLSV? 4. Peserta didik diminta untuk mengamati tayangan power point 5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 6. Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara individu dan kelompok. | 15 menit |
Inti | 1. Peserta didik mencermati permasalahan yang berkaitan dengan bentuk aljabar yang diajukan Guru melalui tayangan Power Point. Permasalahan : Amati percakapan antara Pak Anang dan Bu Ani berikut. Pak Anang: “ Bu Ani, kelihatannya beli buku tulis banyak sekali.” Bu Ani : “ Iya pak, saya membeli buku 4 kardus dan 3 buku. Pak Anang membeli apa saja?” Pak Anang: “ Saya hanya membeli 5 buku. “ 2. Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan yang dilakukan. 3. Apabila proses bertanya dari peserta didik kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan penuntun/ pancingan secara bertahap.
Contoh pertanyaan penuntun/pancingan: 1) Setelah membaca dan mencermati permasalahan, apa yang terpikir dalam benak kalian? 2) Coba buatlah pertanyaan yang berhubungan dengan permasalahan yang telah kalian baca dan cermati tersebut! Kemungkinan pertanyaan yang muncul di benak siswa setelah didorong bertanya antara lain: 1) Mengapa satuannya berbeda? 2) Berapa banyak buku dalam kardus tersebut? 3) Berapa banyak buku yang dibeli Bu Ani? 4) Apakah banyak buku yang ada di dalam kardus itu bisa bermacam-macam? 5) Jika banyaknya buku dalam kardus bermacam-macam, apakah banyak buku yang dibeli Bu Ani juga berubah? 6) (Siswa yang sudah mampu memahami permasalahan yang dibacanya, kemungkinan di benaknya muncul pertanyaan): Bagaimana kalau saya memisalkan banyak buku dalam kardus dengan variabel X? 4. Secara berkelompok 3-4 orang, peserta didik didorong untuk mencari dan menuliskan informasi pada permasalahan, khususnya terkait informasi: apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari permasalahan. (Pengumpulan Data) 5. Apabila proses mengumpulkan informasi dari peserta didik kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan penuntun/pancingan secara bertahap. Contoh pertanyaan penuntun/pancingan: a. Jika banyak buku dalam kardus ada 10 buah, berapa banyak buku yang dibeli Bu Ani? b. Apakah dari permasalahan di atas, ada hal yang belum diketahui? c. Jika banyak buku dalam kardus itu berubah, apakah banyak buku Bu Ani juga berubah? Coba Jelaskan! d. Berapa banyak buku yang dibeli Bu Ani, jika ia membeli lagi 2 kardus? 6. Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan Lembar Kerja yang diberikan Guru. Guru berkeliling untuk membimbing peserta didik, terutama untuk mengamati tabel pada kolom 2, 3 dan 4. (Pengolahan Data) 7. Secara berkelompok peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat dari tabel pada LK. (Pembuktian) 8. Peserta didik menuliskan kesimpulan hasil diskusinya pada kertas plano/karton. 9. Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
| 50 menit |
Penutup | 1. Peserta didik bersama-sama dengan guru merefleksi kegiatan yang telah dilakukan, 2. Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai bentuk aljabar dan unsur-unsurnya. 3. Guru memberikan kuis (instrumen terlampir) 4. Guru memberikan PR. 5. Guru menyampaikan materi berikutnya, untuk dipelajari di rumah. Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk menutup pelajaran. | 15 menit |
I. Penilaian
- Sikap
- Teknik Penilain : Observasi
- Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI SIKAP MENGHARGAI PENDAPAT TEMAN
Nama Siswa : …………………..
Kelas : …………………..
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap menghargai pendapat teman yang ditampilkan oleh temanmu!
No | Aspek Pengamatan | Skor | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Mengucapkan terima kasih atas masukan teman | ||||
2 | Mendengarkan teman saat pendapat | ||||
3 | Memperhatikan teman saat menyampaikan pendapat | ||||
4 | Sabar menunggu selesainya teman berpendapat | ||||
5 | Merasakan senang (senyum, wajah berseri-seri) kalau diberi masukan teman | ||||
Jumlah Skor |
Kriteria:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1=tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
NS = Nilai Skor / Skor Tertinggi X 4
PREDIKAT NILAI SIKAP
|
- Pengetahuan
- Teknik Penilaian : Tes Tulis
- Bentuk Instrumen : Uraian
……………………,….2021
Mengetahui,
Kepala SMA …… Guru Mata Pelajaran
………………………………. ……………………………….
NIP: ………………………… NIP:…………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Materi Pokok : Relasi dan Fungsi
Alokasi Waktu : …….. Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
· Menjelaskan contoh kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi.
·
Menjelaskan beberapa relasi yang terjadi diantara dua himpunan
·
Menjelaskan macam-macam fungsi berdasarkan ciri-cirinya
·
Menjelaskan nilai fungsi dan grafik fungsi pada koordinat Kartesius
· Menyajikan hasil pembelajaran relasi dan fungsi
B. Media Pembelajaran&SumberBelajar
Media : Laptop, LCD, power point, gambar dan video yang relevan, fasilitas internet
Sumber Belajar : Buku Matematika Kelas VIII, Kemendikbud, edisi 2017.
B.
Langkah-Langkah Pembelajaran
KegiatanPendahuluan
(15 Menit) |
|
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman pesertadidik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. |
|
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh
(tujuan&manfaat) dengan mempelajar materi : Relasi dan Fungsi |
|
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan
dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh, |
|
KegiatanInti ( 50Menit
) |
|
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberimotivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali.diberita yang ada bahan bacaan terkait materi Relasi dan Fungsi. |
Critical Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,dimulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap
berkaitan dengan materi Relasi
dan Fungsi. |
Collaboration |
Pesertadidik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi
mengenai Relasi
dan Fungsi. |
Communication |
Pesertadidik
mempresentasikan hasil
kerja
kelompok atau
individu secara
klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembal oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Relasi dan Fungsi..Peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk
menanyakan kembalihal-hal yang belum
dipahami |
KegiatanPenutup (15 Menit) |
|
Pesertadidik membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan. |
D. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Penilaian
Pengetahuan; Teknik penilaian: Tes Uraian
dan Penugasan
2. Penilaian Keterampilan; Penilaian Unjuk Kerja
Mengetahui
…………………,
Kepala Sekolah
Guru
Mata
Pelajaran
………………………. ……………………….
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar