Zabir_math Blogger

Hallo Guys Selamat Datang Di Blog Saya

Kamis, 16 Desember 2021

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

 

Sekolah                            : SMP

Mata Pelajaran               : Matematika

Kelas/Semester              : VIII/Ganjil

Materi Pokok                  : Operasi Aljabar

Alokasi Waktu                : 5 X 40 Menit

A. Kompetensi Inti

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 B. Kompetensi Dasar

1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.1  Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.

2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.

2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.

3.1 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional

 C. Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1.1 Mempertebal keyakinan terhadap kebesaran Tuhan setelah melihat keteraturan yang ada di alam sekitar, dengan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.

1.1.2 Bersyukur atas kebesaran Tuhan dengan adanya keunikan pola keteraturan di alam semesta, dengan serius dalam mengikuti pembelajaran matematika.

2.1.1 Membiasakan bertanggung jawab dalam kelompoknya.

2.1.2 Menerapkan perilaku jujur dalam memecahkan masalah yang berkaitan operasi aljabar.

2.2.1 Memiliki rasa ingin tahu tentang operasi aljabar.

2.2.2 Berani dalam mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas.

3.1.1 Mengenal bentuk aljabar.

3.1.2 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar.

3.1.3 Menyelesaikan operasi penjumlahan bentuk aljabar.

3.1.4 Menyelesaikan operasi pengurangan bentuk aljabar

 D. Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik dapat mengenal bentuk aljabar melalui diskusi kelompok.
  2. Peserta didik dapat mengidentifikasi tiga unsur yang ada pada bentuk aljabar melalui diskusi kelompok.
  3. Peserta didik dapat menyelesaikan operasi penjumlahan pada bentuk aljabar.
  4. Peserta didik dapat menyelesaikan operasi pengurangan pada bentuk aljabar.

E. Metode Pembelajaran

  1. Pendekatan Saintifik
  2. Model Pembelajaran Discovery Learning

F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran

  1. Media

Tayangan power point, Lembar Kerja

  1. Alat dan bahan

Laptop, LCD, kertas plano, spidol, selotip

  1. Sumber Belajar

As’ari, Abdur Rahmandkk2014. Matematika SMP/MTs Kelas VIII. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Puskur dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud

Contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan bentuk aljabar

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Uraian Kegiatan

Rencana Waktu

Pendahuluan1.          Guru menyampaikan salam.

2.          Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.

3.          Apersepsi:

Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik  tentang materi sebelumnya yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.

Contoh pertanyaan:

1)  Bagaimana kalimat matematika dari “Suatu bilangan jika ditambah 2 sama dengan 5?”

2)  Mengapa 2x + 5 = 7 merupakan PLSV?

4.          Peserta didik diminta untuk mengamati tayangan power point

5.          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

6.          Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara individu dan kelompok.

15 menit
Inti1.          Peserta didik mencermati permasalahan  yang berkaitan dengan bentuk aljabar yang diajukan Guru melalui tayangan Power Point.

Permasalahan :

Amati percakapan antara Pak Anang dan Bu Ani berikut.

Pak Anang: “ Bu Ani, kelihatannya beli buku tulis banyak sekali.”

Bu Ani        : “ Iya pak, saya membeli buku 4 kardus dan 3 buku. Pak Anang membeli apa saja?”

Pak Anang: “ Saya hanya membeli  5 buku. “

2.          Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan yang dilakukan.

3.          Apabila proses bertanya dari peserta didik kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan penuntun/ pancingan secara bertahap.

 

Contoh pertanyaan penuntun/pancingan:

1)  Setelah membaca dan mencermati permasalahan, apa yang terpikir dalam benak kalian?

2)  Coba buatlah pertanyaan   yang berhubungan dengan permasalahan yang telah kalian baca dan cermati tersebut!

Kemungkinan pertanyaan yang muncul di benak siswa setelah didorong  bertanya antara lain:

1) Mengapa satuannya berbeda?

2) Berapa banyak buku dalam kardus tersebut?

3) Berapa banyak buku yang dibeli Bu Ani?

4) Apakah banyak buku yang ada di dalam kardus itu bisa bermacam-macam?

5) Jika banyaknya buku dalam kardus bermacam-macam, apakah banyak buku yang dibeli Bu Ani juga berubah?

6) (Siswa yang sudah mampu memahami permasalahan yang dibacanya, kemungkinan di benaknya muncul pertanyaan): Bagaimana kalau saya memisalkan banyak buku dalam kardus dengan variabel X?

4.          Secara berkelompok 3-4 orang, peserta didik didorong untuk mencari dan menuliskan informasi pada permasalahan, khususnya terkait informasi: apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari permasalahan.

(Pengumpulan Data)

5.         Apabila proses mengumpulkan informasi dari peserta didik kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan penuntun/pancingan secara bertahap.

Contoh pertanyaan penuntun/pancingan:

a.    Jika banyak buku dalam kardus ada 10 buah, berapa banyak buku yang dibeli Bu Ani?

b.    Apakah dari permasalahan di atas, ada hal yang belum diketahui?

c.    Jika banyak buku dalam kardus itu berubah, apakah banyak buku Bu Ani juga berubah? Coba Jelaskan!

d.    Berapa banyak buku yang dibeli Bu Ani, jika ia membeli lagi 2 kardus?

6.          Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan Lembar Kerja yang diberikan Guru. Guru berkeliling untuk membimbing peserta didik, terutama untuk mengamati tabel pada kolom 2, 3 dan 4. (Pengolahan Data)

7.          Secara berkelompok peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat dari tabel pada LK. (Pembuktian)

8.          Peserta didik menuliskan kesimpulan hasil diskusinya pada kertas plano/karton.

9.          Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.

 

50 menit
Penutup1.         Peserta didik bersama-sama dengan guru merefleksi kegiatan yang telah dilakukan,

2.         Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.

3.         Guru memberikan kuis (instrumen terlampir)

4.         Guru memberikan PR.

5.         Guru menyampaikan materi berikutnya, untuk dipelajari di rumah.

Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk menutup pelajaran.

15 menit

 I. Penilaian

  1. Sikap
    1. Teknik Penilain : Observasi
    2. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi

 

 

LEMBAR OBSERVASI SIKAP MENGHARGAI PENDAPAT TEMAN

 

Nama Siswa                           : …………………..

Kelas                                       : …………………..

Tanggal Pengamatan            : …………………..

Materi Pokok                         : …………………..

 

 

Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap menghargai pendapat teman yang ditampilkan oleh temanmu!

 

NoAspek PengamatanSkor
1234
1Mengucapkan terima kasih atas masukan teman    
2Mendengarkan teman saat pendapat    
3Memperhatikan teman saat menyampaikan pendapat    
4Sabar menunggu selesainya teman berpendapat    
5Merasakan senang (senyum, wajah berseri-seri) kalau diberi masukan teman    
Jumlah Skor    

Kriteria:

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak    melakukan

2= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

1=tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan  Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

NS = Nilai Skor / Skor Tertinggi X 4

PREDIKAT NILAI SIKAP

Predikat Nilai Sikap

Nilai (NS)Predikat
3,33 ≤ NS ≤ 4Sangat Baik/SB
2,66 ≤ NS < 3,33Baik/B
1,66 ≤ NS < 2,66Cukup/C
1,00 ≤ NS < 1,66Kurang/D

 

  1. Pengetahuan
    1. Teknik Penilaian : Tes Tulis
    2. Bentuk Instrumen : Uraian





 

……………………,….2021

Mengetahui,

Kepala SMA ……                                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

……………………………….                                                             ……………………………….

NIP: …………………………                                                               NIP:…………………………




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)


 

Sekolah                              : SMP

Mata Pelajaran                   : Matematika

Kelas/Semester                  : VIII/ Ganjil

Materi Pokok                     : Relasi dan Fungsi

Alokasi Waktu                   : …….. Menit

 

A.       Tujuan Pembelajaran

 

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:

·       Menjelaskan contoh kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi.

·       Menjelaskan beberapa relasi yang terjadi diantara dua himpunan

·       Menjelaskan macam-macam fungsi berdasarkan ciri-cirinya

·       Menjelaskan nilai fungsi dan grafik fungsi pada koordinat Kartesius

·       Menyajikan hasil pembelajaran relasi dan fungsi

 

B.   Media Pembelajaran&SumberBelajar

Media                  : Laptop, LCD, power point, gambar dan video yang relevan, fasilitas internet

Sumber Belajar  : Buku Matematika Kelas VIII, Kemendikbud, edisi 2017.

 

B.       Langkah-Langkah Pembelajaran

 

KegiatanPendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman pesertadidik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan&manfaat) dengan mempelajar materi :

Relasi dan Fungsi

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

KegiatanInti ( 50Menit )

Kegiatan

Literasi

Peserta didik diberimotivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali.diberita yang ada bahan bacaan terkait materi Relasi dan Fungsi.

Critical

Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,dimulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Relasi dan Fungsi.

Collaboration

Pesertadidik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Relasi dan Fungsi.

 

Communication

Pesertadidik  mempresentasikan  hasil  kerja  kelompok  atau  individu  secara  klasikal,  mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembal oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

 

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Relasi dan Fungsi..Peserta  didik  kemudian  diberi  kesempatan  untuk  menanyakan  kembalihal-hal  yang  belum dipahami

KegiatanPenutup (15 Menit)

Pesertadidik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

 

D.   Penilaian Hasil Pembelajaran

1.    Penilaian Pengetahuan; Teknik penilaian: Tes Uraian dan Penugasan

2.    Penilaian Keterampilan; Penilaian Unjuk Kerja

 

 

Mengetahui                                                                         …………………,

Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

……………………….                                                 ……………………….

NIP.                                                                                       NIP.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCAN A P E LA K SANAA N PE M BELA J ARAN ( R P P )   Se ko lah                               : SMA M a ta Pelaja r an            ...