SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Satuan Pendidikan :
SMA/MA
Kelas : XII ( Duabelas )
Kompetensi Inti :
KI 1 |
: |
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya. |
KI 2 |
: |
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia. |
KI 3 |
: |
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah. |
KI 4 |
: |
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. |
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.
Menghayati dan
mengamalkan agama yang dianutnya 2.1
Menghayati
perilaku disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan cermat dalam
bekerja menyelesaikan masalah kontekstual 2.2
Memiliki dan
menunjukkan rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa senang dan tertarik dan
percaya diri dalam melakukan kegiatan belajar ataupun memecahkan masalah
nyata. |
|
|
|
|
|
3.1 Menganalisis konsep, nilai determinan dan sifat operasi matriks
serta menerapkannya dalam menentukan invers matriks dan dalam memecahkan
masalah. |
Matriks Determinan Operasi matriks Invers matriks |
Mengamati ·
Mencermati penerapan
matriks dalam masalah nyata · Mencermati penerapan konsep, nilai determinan, dan sifat operasi
matriks untuk memecahkan masalahnyata
yang berkaitan dengan persamaan linear · Mencermati penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan matriks Menanya ·
Menanya
tentangpenerapan matriks dalam masalah nyata · Menanya tentang penerapan konsep, nilai determinan, dan sifat operasi
matriks untuk memecahkan masalah nyata
yang berkaitan dengan persamaan linear · Menanya tentang penyelesaian masalah yang berkaitan dengan konsep,
nilai determinan, sifat, operasi matriks Mengumpulkan Informasi ·
Menggali
informasi tentang penerapan matriks dalam masalah nyata ·
Menggali
informasi tentang konsep matriks ·
Menggali
informasi tentangnilai determinan matriks ·
Menggali
informasi tentang sifat operasi matriks ·
Menggali
informasi tentanginvers matriks ·
Menggali informasi
tentang penerapan konsep, nilai determinan, dan sifat operasi matriks
untuk memecahkan masalah nyata yang
berkaitan dengan persamaan linear ·
Menggali informasi
tentang penyelesaian masalah yang berkaitan dengan determinan, operasi
matriks, dan invers matriks Menalar/Mengasosiasi ·
Menganalisiskonsep,
nilai determinan, sifat operasi, dan invers matriks ·
Menganalisis penerapan
konsep, nilai determinan, sifat operasi dan invers matriks dalam
menyelesaikan masalah Mengomunikasikan ·
Mempresentasikancara
menerapkan konsep, nilai determinan dan sifat operasi matriks untuk
menentukan invers matriks serta memecahkan masalah nyata yang berkaitan
dengan persamaan linear |
Sikap: Observasi ·
Mengamati kecermatan, taat azas, dan kerja keras
dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai matriks, determinan, operasi matriks, dan invers matriks Pengetahuan: Penugasan ·
Membaca dan mengamati konsep, nilai determinan
dan sifat operasi matriks serta penerapannya dalam menentukan invers matriks
dan dalam memecahkan masalah. ·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai konsep,
nilai determinan dan sifat operasi matriks serta penerapannya dalam
menentukan invers matriks dan dalam memecahkan masalah. ·
Menyelesaikan soal mengenai konsep, nilai
determinan dan sifat operasi matriks serta penerapannya dalam menentukan
invers matriks dan dalam memecahkan masalah. Keterampilan: Portofolio ·
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan mengenai matriks, kemudian membuat
refleksi diri. Projek ·
Membuat jurnal mengenai penerapan matriks dalam masalah nyata |
16 JP |
·
BukuTeks Pelajaran
Matematika kelas XII. ·
Buku referensi dan
artikel. ·
Internet. |
4.1 Menyajikan
dan menyelesaikan model matematika dalam bentuk persamaan matriks dari suatu
masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear. |
|||||
3.2 Mendeskripsikan konsep barisan dan
deret pada konteks dunia nyata, seperti bunga, pertumbuhan, dan
peluruhan |
Bunga, Pertumbuhan, dan
Peluruhan Barisan dan Deret Aritmetika Barisan dan Deret Geometri |
Mengamati ·
Mencermati penerapan
barisan dan deret dalam masalah nyata ·
Mencermatikonsep barisan
dan deret aritmetika dan
geometri yang berkaitan dengan bunga,
pertumbuhan, dan peluruhan ·
Mencermati
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret
aritmetika, geometri dan yang lainnya Menanya ·
Menanya tentang
penerapan dan barisan dalam masalah nyata ·
Menanya tentang konsep barisan
dan deret aritmetika yang berkaitan dengan bunga, pertumbuhan, dan
peluruhan ·
Menanya tentang
penerapan konsep barisan dan
deret geometri yang berkaitan
dengan bunga, pertumbuhan, dan peluruhan ·
Menanya tentang
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan barisan
dan deret yang berkaitan dengan bunga, pertumbuhan, dan
peluruhan Mengumpulkan Informasi ·
Menggali
informasi tentang penerapan dan barisan dalam masalah nyata ·
Menggali
informasi tentangpenerapan konsep
barisan dan deret aritmetika yang berkaitan dengan bunga,
pertumbuhan, dan peluruhan ·
Menggali informasi
tentang penerapan konsep barisan dan
deret geometri yang berkaitan
dengan bunga, pertumbuhan, dan peluruhan ·
Menggali informasi
tentang penyelesaian masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret yang berkaitan dengan bunga, pertumbuhan, dan
peluruhan Menalar/Mengasosiasi ·
Menganalisis penerapan
konsep dan barisan yang berkaitan dengan
bunga, pertumbuhan, dan peluruhan ·
Menganalisis
penyelesaian barisan dan
deretyang berkaitan dengan
bunga, pertumbuhan, dan peluruhan Mengomunikasikan ·
Mempresentasikan cara menyelesaikan masalah nyata yang terkait
dengan konsep barisan dan
deret aritmetika dan geometri |
Sikap: Observasi ·
Mengamati ketelitian, kerja keras, dan rasa ingin
tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta
didik mengenai bunga, pertumbuhan, peluruhan, barisan dan deret aritmetika,
serta barisan dan deret geometri Pengetahuan: Penugasan ·
Membaca dan mengamati mengenai penerapan konsep barisan
dan deret padakonteksdunia nyata, seperti bunga, pertumbuhan, dan
peluruhan. ·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai penerapan
konsep barisan dan
deret aritmatika dan geometri pada konteks dunia nyata. ·
Menyelesaikan soal mengenai penerapan konsep barisan
dan deret aritmatika dan
geometri pada konteks dunia nyata(bunga,
pertumbuhan, dan peluruhan). Keterampilan: Portofolio ·
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan (bunga, pertumbuhan, dan
peluruhan), kemudian membuat refleksi diri. Projek ·
Membuat simulasi mengenai penerapan bunga
majemuk, angsuran dan anuitas di dunia perbankan |
12 JP |
·
Buku Teks Pelajaran
Matematika kelas XII. ·
Buku referensi dan
artikel. ·
Internet. |
4.2
Mengidentifikasi,
menyajikan model matematika dan menyelesaikan masalah keseharian yang
berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika, geometri dan yang lainnya. |
|||||
3.2 Mendekripsikan prinsip induksi matematika dan menerapkannya dalam
membuktikan rumus jumlah deret persegi dan kubik. |
i.
Induksi matematika |
Mengamati ·
Mencermatiprinsip
induksi matematika dan penerapannya dalam membuktikan rumusjumlah deret
persegi dan kubik ·
Mencermati
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan induksi matematika Menanya ·
Menanya tentang
prinsip induksi matematika dan penerapannya dalam membuktikan rumus jumlah
deret persegi dan kubik ·
Menanya tentang
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan prinsip induksi Mengumpulkan Informasi ·
Menggali
informasi tentanginduksi matematika dan penerapannya dalam
membuktikan rumus jumlah deret persegi dan kubik ·
Menggali informasi
tentang penyelesaian masalah berkaitan dengan prinsip induksi Menalar/Mengasosiasi ·
Menganalisis induksi
matematika dan penerapannya dalam membuktikan rumus jumlah deret persegi dan
kubiksehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenaiprinsip induksi matematika dan cara menerapkannya dalam
membuktikan rumus jumlah deret persegi
dan kubik. Mengomunikasikan · Mempresentasikanprinsip induksi matematika dan cara menerapkannya
dalam membuktikan rumus jumlah deret persegi dan kubik dengan lisan, dan
tulisan. |
Sikap: Observasi ·
Mengamati kecermatan dan keuletan tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai induksi matematika Pengetahuan: Penugasan ·
Membaca dan mengamati
mengenai prinsip induksi matematika dan penerapannya dalam membuktikan rumus
jumlah deret persegi dan kubik. ·
Mengerjakan latihan
soal-soal yang terkait dengan penerapaninduksi matematika dalam
membuktikan rumus jumlah deret persegi
dan kubik. Keterampilan: · Tes tertulis bentuk uraian mengenai penerapan
induksi matematika dalam membuktikan rumus jumlah deret persegi dan kubik. Keterampilan Portofolio · Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian
membuat refleksi diri. |
12 JP |
·
Buku Teks Pelajaran Matematika kelas XII. ·
Buku referensi dan
artikel. ·
Internet. |
4.3 Mengidentifikasi, menyajikan model
matematika dan menyelesaikan masalah induksi matematika dalam membuktikan
rumus jumlah deret persegi dan kubik. (b) |
|||||
3.4 Menganalisis konsep dan
sifat diagonal ruang,diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang
dimensi tiga serta menerapkannya dalam memecahkan masalah. |
Diagonal ruang, Diagonal
bidang, Bidang diagonal |
Mengamati ·
Mencermati penerapan
diagonal ruang, diagonal bidang, bidang diagonal dalam masalah nyata ·
Mencermatikonsep dan
sifat diagonal ruang, diagonal bidang dan bidangdiagonal dalam bangun ruang
dimensi tiga ·
Mencermati
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan diagonal
ruang,diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang dimensi tiga Menanya ·
Menanya tentang
penerapan diagonal ruang, diagonal bidang, bidang diagonal dalam masalah
nyata ·
Menanya tentang konsep
dan sifat diagonal ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal dalam bangun
ruang dimensi tiga ·
Menanya penyelesaian masalah yang berkaitan dengan diagonal
ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal dalam bangun ruang dimensi tiga Mengumpulkan Informasi ·
Menggali informasi
tentang penerapan diagonal ruang, diagonal bidang, bidang diagonal dalam
masalah nyata ·
Menggali
informasi konsep dan sifat diagonal ruangdalam bangun
ruang dimensi tiga serta penerapannya dalam pemecahan masalah ·
Menggali
informasi konsep dan sifat diagonal bidang dan bidangdalam
bangun ruang dimensi tiga serta penerapannya dalam pemecahan masalah ·
Menggali
informasi konsep dan sifat diagonal dalam bangun ruang
dimensi tigaserta penerapannya dalam pemecahan masalah. ·
Menggali informasi
tentang penyelesaian masalah yang berkaitan dengan diagonal ruang, diagonal
bidang dan bidang diagonal Menalar/Mengasosiasi ·
Menganalisis konsep
dan sifat diagonal ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal dalam bangun
ruang dimensi tiga ·
Menganalisis penerapan
konsep dan sifat diagonal ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal dalam
bangun ruang dimensi tiga dalam menyelesaikan masalah ·
Menganalisis
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan diagonal ruang, diagonal bidang,
dan bidang diagonal Mengomunikasikan ·
Mempresentasikancara
menerapkan konsep dan sifat diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang
diagonal dalam masalah nyata ·
Mempresentasikan cara
menyelesaian maslah yang berkaitan dengan diagonal ruang, diagonal bidang,
dan bidang diagonal |
Sikap Observasi ·
Mengamati ketelitian, kreativitas, dan kerja
keras dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta
didik mengenai diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal Pengetahuan: Penugasan ·
Membaca dan mengamati mengenai konsep dan sifat
diagonal ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal dalam bangun ruang
dimensi tiga dan penerapannya dalam pemecahan masalah. ·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenaikonsep dan
sifat diagonal ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal dalam bangun ruang
dimensi tiga dan penerapannya dalam pemecahan masalah. ·
Menyelesaikansoal-soal mengenai konsep dan sifat
diagonal ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal dalam bangun ruang
dimensi tiga dan penerapannya dalam pemecahan masalah Keterampilan: Portofolio ·
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan mengenai diagonal ruang, diagonal
bidang, dan bidang diagonal, kemudian membuat refleksi diri Produk ·
Membuat bangun ruang dimensi tiga dari barang
bekas disertai ilustrasi tentang dengan diagonal
ruang,diagonal bidang, dan bidang diagonal |
24 JP |
·
Buku Teks Pelajaran
Matematika kelas XII. ·
Buku referensi dan artikel. ·
Internet. |
4.4
Berbagai prinsip konsep dan sifat diagonal ruang, diagonal bidang, dan
bidang diagonal dalam bangun ruang dimensi tiga serta menerapkannya dalam
memecahkan masalah. |
|||||
3.5
Memahami konsep jumlah
Rieman dan integral tentu suatu fungsi dengan menggunakan fungsi-fungsi
sederhana non-negatif. 3.6
Menggunakan Teorema
Fundamental Kalkulus untuk menemukan hubungan antara integral dalam integral
tentu dan dalam integral tak tentu |
Integral tentu |
Mengamati ·
Mencermati penerapan
integral tentu dalam masalah nyata ·
Mencermatikonsep
jumlah Rieman dan integral tentu suatu fungsi dan penggunaan Teorema
Fundamental Kalkulus ·
Mencermati
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan jumlah Rieman dan
integral tentu suatu fungsi Menanya ·
Menanyatentang penerapan
integral tentu dalam masalah nyata ·
Menanya tentang konsep
jumlah Rieman dan integral tentu suatu fungsi dan penggunaan Teorema
Fundamental Kalkulus ·
Menanya penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan jumlah Rieman dan integral tentu suatu fungsi Mengumpulkan Informasi ·
Menggali informasi
tentang penerapan integral tentu dalam masalah nyata ·
Menggali
informasi tentangkonsep jumlah Rieman dan integral tentu suatu
fungsi dan penggunaan Teorema Fundamental Kalkulus ·
Menggali informasi
tentang penyelesaian masalah yang berkaitan dengan integral tentu Menalar/Mengasosiasi ·
Menganalisis konsep
jumlah Rieman dan integral tentu suatu fungsi dan penggunaan Teorema
Fundamental Kalkulus ·
Menganalisis penerapan
konsep jumlah Rieman dan integral tentu suatu fungsi dan penggunaan Teorema
Fundamental Kalkulus untuk menyelesaikan masalah Mengomunikasikan ·
Mempresentasikancara
menerapkan konsep jumlah Rieman dan integral tentu suatu fungsi dan cara
menggunakan Teorema Fundamental Kalkulus |
Sikap: Observasi ·
Mengamati ketelitian, kreativitas, dan rasa ingin
tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta
didik mengenai Integral tentu Pengetahuan Penugasan ·
Membaca dan mengamati
mengenai konsep jumlah Rieman dan integral tentu suatu fungsi dan penggunaan
Teorema Fundamental Kalkulus. ·
Mengerjakan latihan
soal-soal mengenaikonsep jumlah Rieman dan integral tentu suatu fungsi dan
penggunaan Teorema Fundamental Kalkulus. Tes tertulis · Menyelesaikan soal mengenai konsep jumlah Rieman dan integral tentu
suatu fungsi dan penggunaan Teorema Fundamental Kalkulus. Keterampilan Portofolio · Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan mengenai
Integral tentu, kemudian membuat refleksi diri. Projek · Membuat makalah mengenai aplikasi integral tentu dalam masalah nyata |
20JP |
·
Buku Teks Pelajaran
Matematika kelas XII. ·
Buku referensi dan
artikel. ·
Internet. |
4.4
Mengolah data dan
membuat model fungsi sederhana non negatif dari nyata serta menginterpretasikan masalah dalam
gambar dan menyelesaikan masalah dengan mengunakan konsep dan aturan integral
tentu. 4.5
Mengajukan masalah
nyata dan mengidentifikasi sifat fundamental kalkulus dalam integral tentu
fungsi sederhana serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar