SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP/MTs
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII (Delapan)
Nama
Guru :
NIP/NIK
:
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya |
|
Pembelajaran KI 1 dan
KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3
dan KI 4 |
Penilaian KI 1 dan KI
2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh
peserta didik, dan jurnal |
|
|
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis,
analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah
menyerah dalam memecahkan masalah. 2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya
diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya
dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar. 2.3 Memiliki sikap terbuka, santun,
objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari. |
|
|
|
|
|
3.1 Menerapkan operasi
aljabar yang melibatkan bilangan rasional |
Operasi Aljabar |
Mengamati § Mencermati bentuk aljabar dalam masalah sehari-
hari atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep § Mencermati penjumlahan dan pengurangan bentuk
aljabar yang disajikan § Mencermati cara pengalian bentuk aljabar dengan
cara bersusun § Mencermati masalah mengenai pembagian bentuk
aljabar § Mencermati cara menyederhanakan bentuk aljabar Menanya § Menanya tentang
berbagai bentuk aljabar dari masalah sehari-hari. Misal: apa kelebihan
dan manfaat mengubah masalah sehari-hari ke bentuk aljabar, bagaimana mengubah
masalah atau bahasa sehari-hari ke dalam bentuk aljabar, atau apakah simbol
(variabel) yang boleh digunakan hanya x dan y? § Menanya tentang proses penjumlahan dan pengurangan
bentuk aljabar serta bentuk aljabar yang bagaimana yang bisa dijumlahkan atau
dikurangkan § Menanya tentang pengalian bentuk aljabar dan
apakah setiap bentuk aljabar bisa dikalikan § Menanya tentang pembagian bentuk aljabar. Misal:
Bagaimana jika pada pembagian bentuk aljabar sisanya tidak nol atau apakah
setiap bentuk aljabar bisa dibagi dengan bentuk aljabar yang lain § Menanya tentang cara-cara penyederhanaan bentuk
aljabar. Misal: bagaimana menyederhanakan bentuk aljabr yang lebih rumit atau
bagaimana kita bisa tahu langkah demi langkah pada penyederhanaan bentuk
aljabar Mengumpulkan informasi § Menggali informasi tentang masalah sehari-hari
yang dapat dinyatakan melalui kalimat verbal, gambar atau diagram, dan
selanjutnya dalam bentuk atau ekspresi aljabar § Menggali informasi tentang masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan bentuk atau ekspresi aljabar tertentu § Menggali informasi tentang klasifikasi bentuk
aljabar berdasarkan suku, variabel, koefisien, dan konstata § Menggali informasi tentang penjumlahan dan
pengurangan bentuk aljabar. Informasi yang digali adalah tentang suku sejenis
dan contoh-contoh penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar § Menggali informasi tentang perkalian dan faktor
tentang faktor dari bentuk aljabar. Digali juga mengenai sifat komutatif,
asosiatif, dan distributif pada penjumlahan dan perkalian bentuk aljabar § Menggali informasi tentang dan pembagian bentuk
aljabar. Misal: Pembagian bentuk aljabar hasil bagianya tidak selalu bersisa
nol dan bagaimana pembagian bentuk aljabar yang sisanya bukan nol. § Menggali informasi tentang cara penyederhaan
bentuk aljabar, membentuk ekspresi aljabar tertentu, atau menunjukkan/
membuktikan kesamaan antara bentuk aljabar Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis berbagai bentuk aljabar dari masalah
sehari-hari § Menganalisis penjumlahan dan pengurangan bentuk
aljabar dan membuat prosedur penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar § Menganalisis hasil kali dan hasil bagi bentuk
aljabar § Menganalisis bagaimana menyederhanakan bentuk
aljabar dan bagaimana bentuk aljabar dikatakan sederhana § Menganalisis ketidaksamaan dua bentuk aljabar
menggunakan contoh penyangkal Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai pengenalan, penjumlahan dan pengurangan,
perkalian dan pembagian, serta penyederhanaan bentuk aljabar § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai operasi aljabar Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan operasi aljabar § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan
mencari informasi penggunaan operasi bentuk aljabar dalam keseharian § Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan operasi aljabar Keterampilan: Portofolio § Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
bentuk aljabar dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan Projek § Melakukan permainan mengenai tanggal lahir
danmenentukan cara menebakk tanggal lahir dengan tepat |
10
JP |
§ Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan operasi aljabar, lingkungan, alat peraga yang berkaitan
denga operasi aljabar |
3.5 Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk
relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram |
Fungsi |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan fungsi § Mencermati beberapa relasi yang terjadi diantara
dua himpunan § Mencermati ciri-ciri suatu fungsi dari contoh yang
diberikan § Mencermati cara-caa penyajian fungsi yang biasa
digunakan dalam matematika Menanya § Menanya tentang manfaat fungsi dalam kehidupan
sehari-hari § Menanya tentang ciri-ciri fungsi, bentuk fungsi, langkah
menemukan fungsi, dan penyajiannya dalam berbagai cara, serta penggunaan
fungsi. Mengumpulkan
informasi § Menggali
informasi tentang contoh fungsi dan
bukan fungsi § Menggali informasi tentang pengertian relasi,
fungsi, atau pemetaan § Mengidentifikasi perbedaan dan persamaan tentang
pengertian relasi, fungsi atau pemetaan § Menggali informasi tentang suatu fungsi dengan
notasi, nilai suatu fungsi, dan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi
diketahui § Menggali informasi tentang pasangan berurutan dari
data fungsi, tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi, dan rumus
fungsi dari data fungsi § Menggali informasi tentang grafik fungsi pada
koordinat cartesius § Menggali informasi tentang penyelesaian masalah
yang berkaitan dengan nilai fungsi Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis penerapan matematika yang berkaitan
dengan fungsi § Menganalisis persamaan dan perbedaan relasi dan
fungsi § Menganalisis perbedaan relasi dan fungsi melalui
contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial
sehari-hari § Menganalisis unsur-unsur dalam membuat tabel,
diagram, dan grafik dari suatu fungsi Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai ciri-ciri dan bentuk penyajian fungsi § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik relasi dan fungsi Pengetahuan Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan fungsi, bentuk fungsi, dan penyajiannya § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan
mencari informasi penggunaan fungsi dalam kehidupan sehari-hari § Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan fungsi Keterampilan: Portofolio § Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
fungsi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan Projek § Mencari informasi ke warnet atau wartel dalam
menentukan tarif per satuan waktu |
10
JP |
§ Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan fungsi,
alat peraga, lingkungan |
3.4 Menentukan persamaan
garis lurus dan grafiknya |
Persamaan Garis Lurus |
Mengamati § Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan persamaan garis lurus § Mencermati cara menentukan titik yang dilalui
persamaan garis lurus pada tabel dan cara menggambar grafiknya § Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan kemiringan persamaan garis lurus § Mencermati cara penyelesaian tentang kemiringan
garis yang melalui dua titik Menanya § Menanya tentang permasalahan sehari-hari yang
berhubungan dengan persamaan garis lurus § Menanya tentang syarat suatu persamaan apa supaya
grafik yang disajikan berupa garis lurus § Menanya tentang persamaan garis lurus yang
memotong sumbu-x dan sumbu-y di satu titik § Menanya tentang cara menentukan kemiringan garis
lurus yang melalui dua titik § Menanya tentang cara menentukan rumus kemiringan
garis lurus yang melalui dua titik § Menanya tentang kemiringan suatu garis yang
sejajar dengan sumbu koordinat § Menanya penyelesaian tentang kemiringan pada
persamaan garis lurus Mengumpulkan
informasi § Menggali
menggali informasi tentang penerapan persamaan garis lurus dalam masalah
sehari-hari § Menggali informasi tentang syarat suatu persamaan
yang menghasilkan grafik garis lurus yag tetapat di satu titik, yaitu titik
(0, 0) melalui beberapa contoh yang disajikan § Menggali informasi tentang fungsi linear satu
variabel ke bentuk persamaan garis lurus dan menyajikannya ke dalam grafik
garis lurus § Menggali informasi tentang sifat-sifat berbagai
persamaan garis lurus yang grafiknya berpotongan tegal lurus dan tidak tegak
lurus, serta yang sejajar § Menggali informasi tentang ciri, sifat dan
karakteristik dari gradien atau kemiringan suatu persamaan garis lurus § Menggali informasi gradien atau kemiringan garis
lurus dalam berbagai bentuk § Menggali informasi untuk persamaan garis lurus
yang melalui dua titik § Menggali informasi untuk memecahkan masalah yang
berkaitan dengan persamaan garis lurus Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis permasalahan sehari-hari berkaitan
dengan persamaan garis lurus § Menganalisis penentuan titik potong dua garis § Menganalisis pengertian gradien atau kemiringan
garis lurus berdasarkan gambar persamaan garis lurus yang berbeda-beda § Menganalisis unsur-unsur dalam menentukan
persamaan garis lurus baik yang melalui satu titik maupun dua titik Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai grafik persamaan garis lurus, kemiringan persamaan garis lurus, dan cara
menentukan persamaan garis lurus § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai persamaan aris
lurus Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan persamaan garis lurus § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan
mencari informasi tentang persamaan garis § Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan menentukan persamaan garis lurus Keterampilan: Portofolio § Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
persamaan garis lurus dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan Projek § Membuat grafik persamaan garus lurus menggunakan
komputer |
15
JP |
§ Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan garis lurus, alat peraga, lingkungan |
3.2 Menentukan nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks
nyata 4.1 Membuat dan
menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan
persamaan linear dua variabel |
Persamaan Linear Dua Variabel |
Mengamati § Mencermati tentang masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan persamaan linear dua variabel § Mencermati cara membuat persamaan linear dua
variabel dari masalah sehari-hari § Mencermati contoh selesaian dan bukan selesaian
permasalahan linear dua variabel dari masalah sehari-hari § Mencermati cara membuat persamaan linear dua
variabel dari masalah sehari-hari § Mencermati cara membuat model masalah dari sistem
persamaan dua variabel Menanya § Menanya tentang permasalahan sehari-hari yang
berhubungan dengan persamaan linear dua variabel § Menanya tentang hubungan persamaan linear dengan
persamaan garis lurus § Menanya tentang cara menentukan selesaian
persamaan linear dua variabel § Menanya tentang cara menyelesaikan dua buah
persamaan dua variabel sehingga memiliki satu selesaian Mengumpulkan
informasi § Menggali informasi tentang permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel § Menggali informasi tentang persamaan linear dua
variabel tertentu § Menggali informasi tentang perbedaan persamaan
linear dua variabel dengan sistem persamaan linear dua variabel § Menggali informasi tentang masalah berkaitan
dengan persamaan linear dua variabel dengan merepresentasikan secara
matematis, melalui model atau melalui diagram § Menggali informasi tentang algoritma atau prosedur
operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari
masalah berkaitan dengan persamaan linear dua variabel § Menggali informasi tentang metode penyelesaian
masalah yang berkaitan berkaitan dengan persamaan linear dua variabel § Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang melibatkan sistem
persamaan linear dua variabel dan pemecahan masalahnya. § Menggali informasi tentang penyelesaian persamaan
non linear dua variabel dengan mengubah bentuk ke sistem persamaan linear dua
variabel Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan bentuk persamaan linear dua variabel § Menganalisis perbedaan persamaan yang merupakan
persamaan linear dua variabel dan yang bukan § Menganalisis perbedaan persamaan linear dua
variabel dengan sistem persamaan linear dua variabel § Menganalisis model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai persamaan persamaan linear dua variabel,
menentukan selesaian persamaan linear dua variabel, dan membuat model masalah
dari sistem persamaan persamaan linear dua variabel § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai persamaan linear
dua variabel Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan
mencari informasi penggunaan persamaan linear dua variabel § Tes tertulis mengerjakan soal-soal persamaan
linear dua variabel Keterampilan: § Portofolio § Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
persamaan linear dua variabel dan penerapannya kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan Projek § Mengumpulkan data dari sebuah kran air yang bocor
per lima detik dan dari hasil pengamatan tersebut dibuat makalah atau paper |
20
JP |
§ Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel, alat peraga, lingkungan |
3.10 Menggunakan koordinat Cartesius dalam
menjelaskan posisi relatif benda terhadap acuan tertentu |
Sistem Koordinat |
Mengamati § Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan sistem koordinat § Mencermati jarak titik-titik terhadap sumbu-x
dan sumbu-y dan hubungannnya dengan koordinat titik-titik tersebut § Mencermati titik-titik yang memiliki jarak yang
sama terhadap sumbu-x dan sumbu-y tetapi memiliki koordinat
yang berbeda, karena titik-titik tersebut berada pada kuadran yang berbeda § Mencermati posisi titik terhadap titik asal (0, 0)
dan titik tertentu (a, b) § Mencermati posisi garis yang sejajar, tegak lurus,
dan berpotongan dengan sumbu-x dan sumbu-y Menanya § Menanya tentang masalah sehari-hari yang berkaitan
sistem koordinat dan jenis sistem koordinat § Menanya tentang jarak titik-titik dari sumbu-x
dan sumbu-y § Menanya tentang koordinat suatu titik terhadap
titik pusat) dan titik lainnya § Menanya tentang sejajar atau tidak, tegak lurus
atau tidak, dan berpotongan atau tidak suatu garis dengan sumbu-x dan
sumbu-y Mengumpulkan
informasi § Menggali informasi tentang masalah sehari-hari
yang berkaitan sistem koordinat dan jenis sistem koordinat § Mengali informasi yang berkaitan dengan koordinat
titik pada bidang koordinat kartesius yang berada pada empat kuadran § Menggali informasi perbedaan titik yang berada di
masing-masing kuadran § Menggali informasi tentang konsep, sifat dan
unsur-unsur yang membentuk sistem koordinat Cartesius § Menggali informasi tentang kedudukan suatu titik
dan bangun datar serta menggambarkannya dalam sistem koordinat Cartesius § Menggali informasi tentang denah/peta posisi dan arah dari suatu benda atau
letak suatu tempat, serta unsur atau komponen peta yang lengkap dalam sistem
koordinat § Menggali informasi tentang denah/peta posisi dan arah dari suatu benda dan
letak suatu tempat pada sistem koordinat § Menggali informasi tentang posisi garis yang
sejajar, tegak lurus, dan berpotongan dengan sumbu-x dan sumbu-y Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis penerapan sistem koordinat dalam
masalah sehari-hari § Menganalisis perbedaan koordinat titik-titik yang
berada di sebelah kanan dan sebelah kiri sumbu-y § Menganalisis perbedaan koordinat titik-titik yang
berada di atas dan bawah sumbu-x § Menganalisis koordinat-titik-titik yang memiliki
jarak yang sama dan tidak sama dengan sumbu-x dan sumbu-y § Menganalisis koordinat suatu titik tertentu
terhadap titik tertentu § Menganalisis garis yang melalui suatu titik,
apakah sangat sejajar, tegak lurus, atau berpotongan § Menganalisis bangun apa yang terbentuk titik-titik
yang berada pada bidang kordinat dihubungkan § Menganalisis letak suatu benda bersifat relatif
apabila pusat koordinat digeser, dan implementasinya dalam penerapan garis
lintang dan garis bujur bumi Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai posisi titik terhadap sumbu-x dan sumbu-y,
posisi titik terhadap titik asal (0,0) dan titik tertentu (a, b),
dan posisi garis terhadap sumbu-x dan sumbu-y § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai sistem koordinat Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan sistem koordinat § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan
mencari informasi penggunaan sistem koordinat dalam keseharian § Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan sistem koordinat Keterampilan: Portofolio § Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
sistem koordinat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan Projek § Mencari peta suatu kota, lalu membuat pertanyaan
berkaitan dengan sistem koordinat |
10
JP |
§ Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan sistem koordinat, peta, alat peraga lainnya,
lingkungan |
3.3 Menentukan nilai persamaan kuadrat dengan satu variabel yang
tidak diketahui |
Persamaan Kuadrat |
Mengamati § Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan persamaan kuadrat § Mencermati bentuk umum dan cara memfaktorkan dari
persamaan kuadrat § Mencermati cara menentukan persamaan kuadrat
dengan cara melengkapkan kuadrat sempurna § Mencermati aplikasi persamaan kuadrat dalam
masalah nyata Menanya § Menanya tentang pentingnya persamaan kuadrat dan
apa kaitannya dengan permasalahan sehari-hari § Menanya tentang cara menentukan nilai dari
persaman kuadrat § Menanya tentang perbandingan dalam cara memfaktorkan dan melengkapkan kuadrat
sempurna Mengumpulkan
informasi § Menggali informasi tentang masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan persamaan kuadrat § Menggali informasi tentang ciri, sifat dan
karakteristik variabel, koefisien, konstata, dan derajat dari suatu persamaan
kuadrat § Menggali informasi tentang strategi memfaktorkan
berbagai bentuk persamaan kuadrat § Menggali informasi tentang cara mennetukan
persamaan kuadrat dengan rumus kuadratik § Menggali informasi tentang diskriminan pada
persamaan kuadrat § Menggali informasi tentang bentuk suatu persamaan
kuadrat berdasarkan kriteria koefisien dan konstata yang dimiliki serta
melakukan manipulasi aljabar tertentu untuk menyederhanakan atau mengubah
bentuk suatu ekspresi ke bentuk persamaan kuadrat § Menggali informasi untuk menentukan solusi
persamaan kuadrat atau besaran yang dicari dari masalah, serta memberikan
alasan kebenaran solusinya § Menggali informasi aplikasi persamaan kuadrat
dalam masalah nyata Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis penerapan persamaan kuadrat dalam
kehidupan sehari-hari § Menganalisis langkah-langkah menentukan persamaan
kuadrat jika diketahui adalah akar-akar persamaannya § Menganalisis determinan dan selesaian akar
persamaan kuadrat § Menganalisis perbedaan persamaan kuadrat dan
bentuk lainnya melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam
dan aktifitas sosial sehari-hari § Menganalisis unsur-unsur persamaan kuadrat
berdasarkan kurvanya Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai penentuan akar persamaan kuadrat dengan
memfaktorkan dan melengkapkan kuadrat sempurna, serta penerapan persamaan
kuadrat dalam masalah nyata § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan |
Sikap Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai persamaan kuadrat Pengetahuan Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan persamaan kuadrat § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan
mencari informasi penggunaan persamaan kuadrat dalam keseharian § Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan persamaan kuadrat Keterampilan: Portofolio § Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
persamaan kuadrat kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan Projek § Menemukan permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan persamaan kuadrat, lalu membuat soal dan solusi yang berkaitan dengan
permasalahan tersebut |
10
JP |
§ Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan kuadrat, alat peraga, lingkungan |
3.12 Memahami konsep perbandingan dengan menggunakan tabel,
grafik, dan persamaan 4.2 Menggunakan konsep
perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel,
grafik, dan persamaan 4.4 Menyelesaikan
permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik,
aljabar, dan aritmetika |
Perbandingan |
Mengamati § Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan perbandingan § Mencermati contoh dan konsep perbandingan senilai dalam kehidupan nyata
seperti hubungan jarak tempuh dan pertamax yang dibutuhkan § Mencermati contoh dan konsep perbandingan berbalik
nilai dalam kehidupan nyata seperti hubungan waktu dan kecepatan, banyak
pekerja dan waktu penyelesaian, dan lain sebagainya Menanya § Menanya tentang perbandingan, skala, rasio,
dan pentingnya untuk memodelkan dan
menyelesaikan masalah sehari-hari § Menanya tentang perbandingan senilai dan berbalik
nilai § Menanya tentang cara mengubah masalah sehari-hari
ke model, denah atau peta, dan sebaliknya Mengumpulkan
informasi § Menggali informasi tentang bentuk perbandingan
atau proporsi § Menggali informasi tentang perbandingan senilai
dan berbalik nilai § Menggali informasi suatu perbandingan ke dalam
bentuk nilai perbandingan bulat paling sederhana § Menggali informasi tentang nilai
perbandingan/proporsi kuantitas benda dengan kuantitas benda dalam suatu
kumpulan benda § Menggali informasi tentang nilai perbandingan yang
bersifat seharga/linear atau berbalik nilai/tidak senlai dari dua besaran
yang memiliki hubungan fungsional dan disajikan dalam bentuk tabel, grafik
dan persamaan § Menggali informasi tentang nilai perbandingan,
kuantitas benda tertentu, ataupun kuantitas keseluruhan benda, termasuk
penerapannya di bidang aritmetika social, pengukuran (geometri, sains) dan
masalah lainnya berkaitan dengan perbandingan § Menggali informasi tentang perbandingan dalam menyelesaikan masalah
matematika atau masalah sehari-hari § Menggali informasi tentang nilai suatu
perbandingan berdasarkan tabel, grafik, dan persamaan § Menggali informasi tentang besaran yang tidak
diketahui berdasarkan tabel, grafik, dan aritmatika Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis penerapan perbandingan dalam masalah
nyata § Menganalisis pernyataan yang berkaitan dengan
perbandingan senilai § Menganalisis sifat perbandingan (linear, tidak
linear, seharga, tidak seharga menggunakan contoh atau logika berpikir) § Menganalisis perbedaan perbandingan langsung dan
tidak langsung melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam
dan aktifitas sosial sehari-hari § Menganalisis sifat perbandingan berdasar perilaku
grafiknya Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai perbandingan senilai dan berbalik nilai § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai perbandingan Pengetahuan Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan perbandingan § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan
mencari informasi penggunaan perbandingan dalam keseharian § Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan perbandingan Keterampilan Portofolio § Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
perbandingan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan Projek § Menyelidiki bagaimana tinggi bola dijatuhkan
berkaitan dengan tinggi pantulan lalu dibuat grafik, lakukan beberapa kali
percobaan dan bandingkan hasilnya |
10
JP |
§ Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan perbandingan,
alat peraga, lingkungan |
3.8 Memahami Teorema
Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan 4.3 Menggunakan pola dan
generalisasi untuk menyelesaikan masalah nyata 4.5 Menggunakan Teorema
Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah |
Teorema Pythagoras |
Mengamati § Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan teorema pythagoras § Mencermati ilustrasi dalam pembuktian teorema
pythagoras § Mencermati hubungan antar panjang sisi siku-siku
dan sisi miring pada segitiga
siku-siku § Mencermati penyelesaian masalah nyata dengan
teorema pythagoras Menanya § Menanya tentang permasalahan sehari-hari yang
berhubungan dengan teorema pythagoras § Menanya tentang kelebihan dan manfaat penggunaan
teorema Pythagoras dan pola bilangan, bagaimana mengubah masalah/bahasa
sehari-hari ke dalam teorema Pythagoras dan pola bilangan dan sebaliknya § Menanya tentang hubungan sisi-sisi segitiga
siku-siku dan teorema pythagoras § Menanya tentang hubungan antar panjang sisi
siku-siku dan sisi miring pada
segitiga siku-siku Mengumpulkan
informasi § Menggali informasi tentang bentuk, unsur, jenis,
dan sifat segitiga siku-siku § Mengali informasi tentang triple pythagoras yaitu
segitiga siku-siku yang ketiga sisinya adalah bilanga bulat § Menggali informasi tentang sisi-sisi berbagai
segitiga siku-siku untuk menemukan dan menjelaskan teorema Pythagoras § Mengidentifikasi teorema pythagoras berdasarkan
pola-pola bilangan § Menggali informasi tentang ciri, sifat dan
karakteristik serta strategi untuk membentuk pola bilangan yang memenuhi
sifat triple Pythagoras § Menggali informasi yang berkaitan dengan masalah
penerapan teorema Pythagoras dengan merepresentasikan secara matematis,
melalui model atau melalui diagram § Menggali informasi tentang algoritma atau prosedur
operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari
masalah penerapan teorema Pythagoras § Menggali informasi tentang metode penyelesaian
masalah berkaitan dengan penerapan teorema Pythagoras Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis penerapan teorema Pythagoras dan pola
bilangan pada masalah nyata § Menganalisis syarat keberlakuan teorema Pythagoras
dan pola bilangan menggunakan contoh atau logika berpikir § Menganalisis
sifat teorema Pythagoras berdasrkan pola-pola bilangan § Menganalisis hubungan antar panjang sisi pada
segitiga khusus § Menganalisis permasalahan nyata dengan teorema
pythahoras Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai pemahaman teorema pythagoras, hubungan antar
panjang sisi pada segitiga khusus, serta penyelesaian masalah nyaa dengan
teorema pythagoras § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai teorema
pythagoras Pengetahuan Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan teorema pythagoras § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan
mencari informasi sejarah teorema pythagoras § Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan teorema pythagoras Keterampilan Portofolio § Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
teorema pythagoras dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian
disusun, didiskusikan dan direfleksikan Projek § Memperkirakan tinggi suatu pohon atau gedung
menggunakan teorem pthagoras |
20
JP |
§ Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan teorema phytagoras, penggaris, alat peragalainnya, lingkungan |
3.6 Mengidentifikasi
unsur, keliling, dan luas dari lingkaran 3.7 Menentukan hubungan
sudut pusat, panjang busur, dan luas juring 4.6 Menyelesaikan
permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang
busur, dan luas juring |
Lingkaran |
Mengamati § Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan konsep lingkaran § Mencermati unsur-unsur lingkaran (busur,
jari-jari, diameter, tali busur, apotema, juring, tembereng, dan sudut pusat) § Mencermati bentuk sudut pusat dan sudut keliling
yang menghadap busur yang sama § Mencermati proses ditemukannya rumus keliling
lingkaran Menanya § Menanya tentang konsep dan bentuk lingkaran yang
digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misal
untuk membuat roda, mempermudah gerak benda, dsb § Menanya tentang kelebihan dan manfaat benda bentuk
lingkaran, bagaimana terampil melukis lingkaran dengan media yang tersedia,
dsb § Menanya tentang keterkaitan antar unsur-unsur
lingkaran § Menanya hubungan sudut pusat dan sudut keliling § Menanya hubungan antar beberapa susut keliling
yang menghadap sudut pusat yang sama § Menanya tentang hubungan antara sudut pusat dengan
panjang busur dan luas juring Mengumpulkan
Informasi § Menggali informasi tentang masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan lingkaran, seperti nilai estetika dan fungsi berbagai
benda berbentuk lingkaran atau memiliki permukaan lingkaran § Menggali informasi tentang unsur-unsur lingkaran
(busur, jari-jari, diameter, tali busur, apotema, juring, tembereng, dan
sudut pusat) § Menggali informasi tentang nilai rasio atau perbandingan
keliling dengan diameter sebagai π dengan nilai kira-kira 3.14 § Menggali informasi tentang jari-jari, diameter,
keliling, luas ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan masalah lingkaran § Menggali informasi tentang daerah juring lingkaran
dengan sudut pusat tertentu § Menggali informasi tentang besar sudut pusat,
panjang busur dan luas juring adalah senilai/seharga/sebanding/linear
menggunakan sudut, panjang busur dan luas juring § Menggali informasi tentang hubungan antar beberapa
susut keliling yang menghadap sudut pusat yang sama § Menggali informasi untuk merumuskan model atau
kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah sudut
pusat, busur dan juring, serta syarat keberlakuan modelnya § Menggali informasi tentang algoritma atau prosedur
operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari
masalah sudut pusat, busur dan juring § Menggali informasi tentang metode penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, busur, dan juring § Menggali informasi tentang sudut pusat dan sudut
keliling lingkaran § Menggali informasi tentang tahapan dan prosedur
penyelesaian masalah sudut pusat, busur dan juring § Menggali informasi untuk menghitung keliling dan
luas lingkaran § Menggali informasi tentang garis singgung pada
satu titik pada dan di luar lingkaran § Menggali informasi tentang panjang garis singgung
lingkaran dari satu titik di luar lingkaran § Menggali informasi tentang panjang garis singgung
persekutuan dalam dan luar lingkaran § Melukis lingkaran dalam segitiga § Menggali informasi tentang Melukis lingkaran luar
segitiga Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis penerapan konsep lingkaran dalam
masalah nyata § Menganalisis hubungan antara unsur-unsur lingkaran
(busur, jari-jari, diameter, tali busur, apotema, juring, tembereng, dan
sudut pusat) § Menganalisis sudut pusat dan sudut keliling § Menganalisis panjang busur dan luas juring § Menganalisis rumus keliling dan luas lingkaran
berdasarkan hasil pengamatan atau percobaan Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai unsur-unsur lingkaran, hubungan antara sudut
pusat dengan sudut keliling yang menghadap busur sama, dan hubungan antara
sudut pusat dengan panjang busur dan luas juring § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai lingkaran Pengetahuan Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan lingkaran § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan
mencari informasi penggunaan lingkaran § Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan lingkaran Keterampilan Portofolio § Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
lingkaran dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan Projek § Memotong lingkaran dengan potongan juring yang
sama untuk menemukan luas lingkaran dengan pendekatan bangun datar lain |
25
JP |
§ Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan limngkaran,
alat peraga, lingkungan |
3.9 Menentukan luas
permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas 3.11 Menaksir dan
menghitung luas permukaan dan volume bangun ruang yang tidak beraturan dengan
menerapkan geometri dasarnya |
Bangun Ruang Sisi Datar (kubus, balok, prisma, dan limas) |
Mengamati § Mencermati bangun ruang sisi datar (kubus, balok,
prisma, dan limas) yang ada kaitannya dengan kehidupan nyata § Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) § Mencermati kerangka dan jaring-jaring bangun ruang
sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) Menanya § Menanya tentang bangun ruang sisi datar (kubus,
balok, prisma, dan limas) yang ada dalam kehidupan nyata § Menanya tentang
luas dan volume berbagai benda di sekitar melalui percobaan yang
berbentuk kubus, balok, prisma, dan limas § Menanya tentang
berbagai aspek luas dan volume, misal: apa kelebihan dan manfaat
pengetahuan dan penggunaan masalah luas dan volume pada bangun ruang sisi
datar (kubus, balok, prisma, dan limas) § Menanya tentang penerapan luas dan volume untuk
bangun ruang yang tidak beraturan Mengumpulkan
Informasi § Menggali informasi tentang bangun ruang sisi datar
(kubus, balok, prisma, dan limas) yang ada dalam kehidupan nyata § Menggali informasi tentang model kerangka serta
jaring-jaring bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) § Menggali informasi tentang unsur-unsur bangun
ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) § Menggali informasi tentang luas permukaan serta
volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) § Menggali informasi tentang luas, volume ataupun
unsur lainnya yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok,
prisma, dan limas) dan bangun datar tidak beraturan § Menggali informasi tentang sketsa bangun ruang beraturan
atau bangun geometri dasar yang memiliki kesamaan atau kemiripan ukuran
dengan bangun ruang tidak beraturan § Menggali informasi tentang menaksir luas dan
volume bangun ruang tidak beraturan Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan luas dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan
limas) § Menganalisis konsep dan rumus luas dan volume
bangun datar dan bangun ruang sederhana serta menaksir bangun-bangun tidak
beraturan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan
aktifitas sosial sehari-hari § Menganalisis unsur-unsur rumus luas dan volume
bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) serta perilaku
hubungan fungsionalnya Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma,
dan limas, serta menaksir luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar
tidak beraturan § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai bangun ruang sisi
datar Pengetahuan Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus,
balok, prisma, dan limas) § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi
seputar bangun ruang sisi datar
(kubus, balok, prisma, dan limas) dan penggunaannya dalam kehidupan
sehari-hari § Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok,
prisma, dan limas) Keterampilan Portofolio § Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan Projek § Membuat bangun ruang sisi
datar (kubus, balok, prisma, dan limas) dari bahan kardus, atau kartos, atau
bahan bekas lainnya |
25 JP |
§ Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar, alat peraga, benda di lingkungan Kubus, balok |
3.14 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan
tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis dengan komputer
serta menganalisis hubungan antar variabel 4.7 Mengumpulkan,
mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk
tabel, diagram, dan grafik dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan
antar variabel |
Penyajian Data: Diagram batang Diagram lingkaran Grafik |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan penyajian data § Mencermati penyajian data dalam bentuk diagram
tabel, batang, dan diagram lingkaran Menanya § Menanya tentang penyajian data yang ada dalam
kehidupan sehari-hari § Menanya tentang cara mengumpulkan, mengolah,
menginterprestasi, dan menyajikan data dalam bentuk diagram batang, diagram
garis, dan diagram lingkaran secara manual ataupun dengan komputer § Menanya tentang strategi dan pemanfaatan data
dalam permasalahan sehari-hari dalam rangka pengambilan keputusan § Menanya dalam bentuk apakah penyajian data paling sesuai
dengan konteks masalah. Apakah dalam bentuk diagram batang, diagram baris,
atau diagram lingkaran Mengumpulkan
Informasi § Menggali informasi tentang penyajian data dengan
menggunakan tabel, grafik batang,
diagram lingkaran, dan garis lurus § Menggali informasi tentang penafsiran data § Menggali informasi tentang jenis data yang
bersifat kualitatif dan kuantitatif § Menggali informasi tentang penataan data sebagai
cara untuk menyajikan informasi agar mudah dipahami karakteristik datanya
dalam bentuk tabel (baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi), grafik
batang, diagram lingkaran, dan grafik garis, secara manual dan dengan bantuan
komputer § Menggali informasi tentang hubungan antar variabel
pada data yang bersifat korelatif, regresi/hubungan fungsional, dan
trend/deret waktu § Menggali informasi tentang penyajian data bentuk tabel (baris-kolom, kontingensi,
distribusi frekuensi), grafik batang, diagram lingkaran, grafik garis,
hubungan antar variabel atau unsur lainnya secara manual dan dengan
bantuan komputer berkaitan dengan penataan data § Menggali informasi untuk merancang dan menyusun
alat pengumpul data yang dapat berupa panduan wawancara, alat ukur atau
pencacah, formulir isian/kuesioner, dsb § Menggali informasi tentang interpretasi secara
sederhana sajian data menggunakan statistik tertentu (misal: ukuran tendensi
sentral atau pemusatannya, tingkat dispersi atau persebaran data, ataupun
ukuran lainnya), estimasi/prediksi untuk masa mendatang, serta tingkat hubungan antar variabel pada
datanya § Menggali informasi tentang alternative pengambilan
keputusan berdasar hasil analisis data yang telah dilakukan, serta
mendeskripsikan dampak yang mungkin terjadi dari keputusan yang dipilih dan
opsi atau pilihan penyelesaiannya Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis tentang penyajian data dengan
menggunakan tabel, grafik batang,
diagram lingkaran, dan garis lurus § Menganalisis tentang penafsiran data § Menganalisis tentang jenis data yang bersifat
kualitatif dan kuantitatif § Menganalisis tentang cara mengumpulkan, mengolah,
menginterprestasi, dan menyajikan data dalam bentuk diagram batang, diagram
garis, dan diagram lingkaran secara manual ataupun dengan komputer Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai penyajian data dalam bentuk diagram batang,
garis, dan lingkaran § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai penyajian data Pengetahuan Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan penyajian dan pengolahan data § Tugas mandiri tidak terstruktur: melakukan
pendataan kemudian menyajikan dan mengolahnya § Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan penyajian dan pengolahan data Keterampilan: § Portofolio § Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
penyajian, pengolahan data dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan Projek § Mengumpulkan data tentang makanan dan minuman,
lalu menyajikan dalam bentuk diagram garis, batang, atau lingkaran disertai interprestasinya |
10
JP |
§ Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan penyajian data, komputer, penggarais, alat peraga lainnya,
lingkungan |
3.13 Menemukan peluang empirik dan teoritik dari data luaran
(output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data 4.8 Melakukan percobaan
untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta membandingkannya
dengan peluang teoritik |
Peluang empirik Peluang teoritik |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan peluang teoritik dan peluang empirik § Mencermati kejadian dari suatu eksperimen dengan
menggunakan koin dan dadu dalam rangka memahami peluang teoritik dan peluang
empirik Menanya § Menanya tentang kejadian sehari-hari yang
berkaitan dengan peluang empirik dan peluang teoritik § Menanya tentang hubungan antara peluang teoritik
dengan peluang empirik § Menanya tentang perbedaan antara peluang teoritik
dengan peluang empirik Mengumpulkan
Informasi § Menggali informasi tentang permasalahan nyata yang
berkaitan dengan peluang teoritik dan peluang empirik § Menggali informasi tentang cara menentukan ruang
sampel § Menggali informasi tentang sifat, kriteria dan
karakteristik kejadian acak atau random, independen, atau bersyarat serta
berbagai faktor yang menyebabkan kejadian bersifat tidak acak atau tidak
independen § Menggali informasi tentang peluang empirik dan
peluang teoritik melalui eksperimen (bisa dengan menggunakan koin atau dadu) § Menggali informasi tentang hubungan peluang
empirik dan peluang teoritik § Menggaliinformasi tentang peluang kejadian acak,
peluang kejadian yang dipengaruhi faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan
situasi yang serupa atau intuisi tertentu, ataupun unsur lainnya berkaitan
dengan peluang Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis tentang permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan peluang teoritik dan peluang empirik § Menganalisis tentang ruang sampel dari beberapa
eksperimen § Menganalisis banyaknya titik sampel pada suatu
kejadian § Menganalisis tentang sifat, kriteria dan
karakteristik kejadian acak atau random, independen, atau bersyarat serta
berbagai faktor yang menyebabkan kejadian bersifat tidak acak atau tidak
independen § Menganalisis tentang peluang empirik dan peluang
teoritik melalui suatu eksperimen § Menganalisis hubungan peluang empirik dengan
peluang teoritik § Menganalisis
tentang sifat, kriteria dan karakteristik kejadian acak atau random,
serta berbagai faktor yang menyebabkan kejadian bersifat acak menjadi tidak
acak. § Menganalisis tentang peluang kejadian acak,
peluang kejadian yang dipengaruhi faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan
situasi yang serupa atau intuisi tertentu, ataupun unsur lainnya berkaitan
dengan peluang Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai peluang teoritik dan perbandingan peluang
teoritik dengan peluang empirik § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai peluang empirik
dan peluang teoritik Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan peluang § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan
mencari informasi manfaat peluang § Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan
dengan peluang empirik dan teoritik Keterampilan: Portofolio § Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
peluang dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan Projek § Mengamati kejadian di lingkungan sekitar yang
berhubungan dengan peluang, lalu membuat aturan yang berhubungan dengan
penamatan tersebut |
10
JP |
§ Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan peluang,
dadu, koin, kartu, alat peraga lainnya, lingkungan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar